TribunJambi/

Kesehatan

Berbagai Penyakit Mengancam, Kadinkes Imbau Jaga Pola Makan

Penyakit yang ditimbulkan karena pola makan sering muncul pasca lebaran. Untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun

Berbagai Penyakit Mengancam, Kadinkes Imbau Jaga Pola Makan
TRIBUNJAMBI/DEDI NURDIN
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Penyakit yang ditimbulkan karena pola makan sering muncul pascalebaran. Untuk itu Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun mengimbau masyarakat agar tetap menjaga pola makan selama lebaran.

Hal itu disampaikan Kadis Dinkes Sarolangun, Adnan dihubungi, Rabu (28/6). Katanya, makanan yang berlemak dapat menimbulkan beberapa penyakit, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Sejauh ini H+4 lebaran sebutnya, belum ada peningkatan pasien di setiap puskesmas. Baik itu disebabkan pola atau lain sebagainya.

“Biasanya, kalau dilihat dari tahun-tahun sebelumnya. Meningkatnya pasien di sejumlah puskesmas akibat pola makan selama lebaran itu pada lebaran ke tujuh. Dan yang paling dominan biasanya pada anak-anak,” kata Kadinkes.

Namun demikian katanya, pihaknya sudah mengintruksikan semua Puskesmas yang ada di Sarolangun agar buka 1 × 24 jam. Hal ini agar keluhan masyarakat, baik karena pola makan ataupun sakit lainnya bisa cepat ditolong.

“Karena selama lebaran ini rawan, seperti terjadi kecelakaan atau sakit karena pola makan. Dan hingga saat ini, dari pantauan kita belum ada keluhan dari masyarakat di sejumlah puskesmas,” ungkapnya.

Selain puskesmas lanjut Adnan, sejumlah Bidan desa juga diharapkan berperan untuk melayani masyarakat selama perayaan Idul Fitri. Apalagi di desa setempat ada ibu yang hamil besar, diharapkan tidak meninggalkan lokasi kerjanya.

“Terutama di kawasan terpencil seperti Kecamatan Batangasai. Disana Bidan Desa sudah kita sampaikan agar tidak meninggalkan lokasi kerja. Karena jika ada yang sakit, harus mendapatkan pertolongan dari bidan desa setempat sebelum sampai di Puskesmas atau dibawa ke Rumah Sakit,” tandasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help