TribunJambi/

Parenting

Tips Bawa Si Kecil Mudik, Bawa Mainan Kesayangan

MEMBAWA serta si kecil dalam perjalanan jauh seperti mudik perlu persiapan lebih. Mom's perlu menyiapkan kebutuhan utama

Tips Bawa Si Kecil Mudik, Bawa Mainan Kesayangan
Net

TRIBUNJAMBI.COM - MEMBAWA serta si kecil dalam perjalanan jauh seperti mudik perlu persiapan lebih. Mom's perlu menyiapkan kebutuhan utama agar perjalanan bersama si buah hati berjalan lancar dan menyenangkan.

Aalimatun (34) mengaku sudah memboyong anaknya Adli 'Alim Rizqullah (2,5 tahun) melakukan perjalanan jauh sejak usia 10 bulan.

"Persiapan membawa anak jalan itu yang utama tentu saja kebutuhan konsumsi bayi. Karena masih ASI, waktu itu membawa makanan pendamping ASI yang instan. Jadi tinggal thermos air panas dan peralatan makan," ungkapnya.

Selain itu, agar perjalanan lancar menurut istri Suparmin ini perlu juga disiapkan mainan agar anak betah selama di perjalanan.

Anda bisa menyiapkan bantal berbentuk mainan hingga lagu-lagu kesukaan.

"Kalau travelling lewat darat harus sering mampir ke tempat-tempat yang menyenangkannya. Misalnya jika ada sesuatu yang menarik sekaligus menjelaskannya. Seperti ada petani yang sedang panen padi dan lain," lanjut ibunda Farhat Hasan Ramadhan (9) ini.

Aalimatun mengatakan sebelum berangkat perlu dirincikan kembali kebutuhan-kebutuhan si kecil. Baik itu makanan minuman, peralatan mandi, tidur maupun perlengkapan makan serta lainnya.

"Upayakan semuanya disiapkan sebelum berangkat. Sehingga tidak mengganggu atau menghambat perjalanan," tandasnya.

Jangan Lupa P3K

SELAIN menyiapkan makanan minuman dan mainan hal yang tidak kalah penting bepergian jauh dengan si kecil adalah selalu berupaya membuatnya nyaman selama di perjalanan.

"Upayakan menyiapkan hal-hal yang menyenangkan dirinya. Apakah itu video di smartphone, mainan mini ataupun yang lain," kata Aalimatun.
Pilihan sarana transportasi pun harus diperhatikan dalam memberikan kenyamanan bagi anak.

Misalnya memilih maskapai penerbangan yg ada fasilitas audio dan video untuk anak-anak, keramahan kru pesawat pada anak dan sebagainya.

"Jangan lupa juga menyiapkan peralatan medis. Minimum untuk persiapan sesuai dengan riwayat kesehatan anak. Mulai dari thermometer, obat penurun panas, vitamin serta obat-obatan standar untuk perjalanan. Terutama jika mau mudik ke desa yang jauh dari dokter maupun apotik," pungkasnya.

Tips Mudik Nyaman Bersama Anak

1. Orangtua harus tenang selama perjalanan
2. Bawalah mainan favoritnya. Disarankan bawa lebih dari satu. Agar anak tak cepat bosan,
3. Berilah anak mainan secara satu persatu, bukan sekaligus.
4. Cari informasi jalur yang akan dilalui termasuk tempat peristirahatan.
5. Istirahat setiap 2 atau 3 jam

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help