TribunJambi/

Di Batanghari, Pemeriksaan Hewan Dilakukan H-2

Melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan, pemkab akan melakukan pemeriksaan hewan terutama sapi, kerbau dan kambing pada H-2 lebaran

Di Batanghari, Pemeriksaan Hewan Dilakukan H-2
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Melalui bidang peternakan dan kesehatan hewan, pemkab akan melakukan pemeriksaan hewan terutama sapi, kerbau dan kambing pada H-2 lebaran.

Pemeriksaan itu dilakukan untuk memastikan kondisi kesehatan hewan yang akan diperjualbelikan kepada masyarakat. Seperti dikatakan Kabid Peternakan dan kesehatan hewan di Dinas Perkebunan dan peternakan Batanghari, Zulmanuddin.

"Tim yang berasal dari dinas maupun dokter hewan di lapangan sedang melakukan pendataan jumlah hewan yang akan disembelih oleh tukang jagal," katanya.

Pemeriksaan kesehatan hewan, lanjutnya akan dilakukan serentak pada H-2. "Biasanya tukang jagal menyembelih hewannya pada H-2 tersebut, karena mereka melihat animo masyarakat untuk membeli daging terlebih dahulu," ujarnya.

Pengawasan yang akan dilakukan, baik sebelum penyembelihan dan setelah penyembelihan. Pemeriksaan penyembelihan itu dimaksudkan untuk memastikan tentang kondisi kesehatan hewan dari gangguan penyakit.

Tahun lalu, sapi yang disembelih pada hari raya idul fitri kisaran 200 ekor sapi dan 40 ekor kambing. "Untuk tahun ini, diperkirakan juga sebanyak itu," imbuh Zulmanuddin. (sra)

Penulis: suci
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help