Pergerakan Rupiah

Rupiah Loyo ke Rp 13.311 Masuki Hari Keempat

Nilai tukar rupiah masih belum mampu keluar dari tren pelemahannya. Memasuki hari keempat, Kamis (8/6) di pasar spot rupiah ke Rp 13.311

Rupiah Loyo ke Rp 13.311 Masuki Hari Keempat
ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah masih belum mampu keluar dari tren pelemahannya. Memasuki hari keempat, Kamis (8/6) di pasar spot rupiah ke Rp 13.311 per dollar AS atau melemah 0,06% dari posisi kemarin Rp 13.303 perdollar AS pada pukul 10.01 WIB.

Senada, rupiah pada Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) ke Rp 13.316 per dollar AS atau melemah 0,07% dari posisi kemarin Rp 13.307 per dollar AS.

Rupiah antara lain melemah lantaran pernyataan BI. Bank sentral Indonesia ini memprediksi ekonomi Indonesia tumbuh di kisaran 5,1%-5,5% di 2018 nanti, tak jauh beda dengan saat ini.

Pelaku pasar juga sedang menjauhi aset berisiko jelang pengumuman kebijakan moneter European Central Bank (ECB) dan pemilu Inggris.

Research & Analyst Monex Investindo Futures Faisyal menambahkan, pelaku pasar juga mencermati perkembangan penyelidikan dugaan keterlibatan Rusia dalam kemenangan Presiden Donald Trump. "Hal ini membuat investor masih memburu safe haven ," kata dia, Rabu (7/6).

Selain itu, Ekonom Bank Central Asia David Sumual mengatakan, di saat yang sama, permintaah terhadap the greenback semakin meningkat jelang akhir semester I-2017. Kebutuhan dollar AS untuk pembayaran utang luar negeri, biaya liburan hingga permintaan barang impor memang meningkat.

Pergerakan rupiah ke depan akan dipengaruhi oleh rilis indeks kepercayaan konsumen serta pengumuman cadangan devisa Mei. David memprediksi, nilai tukar rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp 13.280-Rp 13.330 per dollar AS.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved