TribunJambi/

Kasus Penipuan

Yuslaini, Pedagang asal Sungai Penuh Tertipu Rp 5 M saat Transaksi Beli Emas. Begini Kronologisnya

Berhati-hatilah jika ingin bertransaksi jual beli, apa lagi dengan dana yang cukup besar. Karena seorang pedagang asal kota Sungai Penuh,

Yuslaini, Pedagang asal Sungai Penuh Tertipu Rp 5 M saat Transaksi Beli Emas. Begini Kronologisnya
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA
Kapolres merangin saat ekspos penangkapan kasus penipuan 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Berhati-hatilah jika ingin bertransaksi jual beli, apa lagi dengan dana yang cukup besar. Karena seorang pedagang asal kota Sungai Penuh, tertipu sebesar Rp 5 miliar saat transaksi jual beli emas.

Informasi yang didapatkan, kejadian yang menimpa Yuslaini (52) pedagang asal Sungai Penuh itu terjadi pada 10 April lalu. Saat itu korban dan pelaku Reza Febrial (28), pemilik toko emas di  Bangko, sepakat melakukan transaksi jual beli emas.

Pada hari itu kedua pedagang ini bertemu di sebuah Bank yang ada di kota Bangko, Kabupaten Merangin. Dalam pertemuan tersebut, korban ingin membeli logam mulia seberat 10 Kg dari pelaku senilai Rp 5 miliar.

Setelah terjadi kesepakatan, korban pun mengirimkan uang kepada pelaku sebanyak Rp 5 miliar ke rekening pelaku. Namun setelah uang ditransfer, pelaku tak kunjung memberikan barang yang dijanjikannya.

Korban pun berusaha menghubungi korban, namun tak pernah berhasil. Kontak korban hilang tanpa kabar berita.
Merasa menjadi korban penipuan, korban pada 23 April lalu melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Merangin. Setelah menerima laporan pihak polisi melakukan penyelidikan.

Kapolres Merangin, AKBP Aman Guntoro membenarkan kejadian penipuan tersebut. Dia mengatakan, setelah mendapatkan laporan dari korban, pihak langsung melakukan penyelidikan.

Diungkapkannya, setelah lebih kurang satu bulan melakukan penyelidikan. Akhirnya pihaknya bersama keluarga korban mendapat informasi, keberadaan pelaku. Ia berada di Jakarta tepatnya di kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Berdasarkan informasi tersebut, Satrekrim Polres Merangin langsung melakukan pengejaran ke Jakarta. Dibantu pihak Polsek Taman Sari, Jakarta Barat pada 30 Mei 2017, akhirnya tersangka berhasil diamankan.

“Tersangka diamankan saat berada di Apatemen Mediterania, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat,” kata Kapolres.

Kapolres Mengatakan, dari tangan tersangka juga berhasil diamankan beberapa barang bukti. Diantaranya satu unit mobil BMW hitam yang dibeli tersangka senilai Rp 260 juta, uang tunai sebesar Rp 236 juta dan logam mulia berupa emas dua keping.

“Saat ini pelaku telah kita amankan di sel tahanan Mapolres Merangin. Tersangka kita jerat dengan pasal 372 dan 378 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara,” sebutnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help