Ramadan Mubaraq

FOTO: Liburan, Santri Pondok Pesantren Hidayatullah Tetap Jalankan Tugas

Ada saja cara dilakukan pengurus pondok pesantren untuk mengontrol kegiatan santrinya saat masa liburan di bulan suci Ramadan.

FOTO: Liburan, Santri Pondok Pesantren Hidayatullah Tetap Jalankan Tugas
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Ada saja cara dilakukan pengurus pondok pesantren untuk mengontrol kegiatan santrinya saat masa liburan di bulan suci Ramadan.

Meskipun akan mudik ke kampung halaman, sang pimpinan Ponpes masih memberikan tugas kepada sang Santri saat berada di kampung halaman.

Satu diantarnya Pondok Hidayatullah, yang beralamat di KM 26, Desa Bukit Baling, Kecamatan Sekernan, Kabupaten Muaro Jambi. Meskipun para Santrinya akan libur pada tanggal 10 mei mendatang hingga selesai lebaran, namun Pimpinan Pesantren Ustad Arif Abidin menyebutkan akan memberikan tugas khusus kepada santri nya saat berada di kampung halaman.

"Nanti santri tetap kami kasih tugas, yaitu mereka wajib mengisi kegiatan-kegiatan di mesjid lingkungan masing-masing. seperti ceramah," ujar Arif Kepada Tribun, Jumat (2/6).

Arif manambahkan, pihaknya akan memberikan surat tugas tersebut kepada sang santri yang akan ditandatangani nantinya oleh pengurus mesjid masing-masing.

"Kita kasi surat untuk ditandatangani pengurus mesjid, sebagai bukti santri tersebut telah melaksanakan tugasnya," sebut Arif.

Pondok pesantren yang berdiri sejak tahun 2003 ini, saat ini telah memiliki 225 santri tingkat SD dan MTs.

Pimpinan Pesantren Ustad Arif Abidin
Pimpinan Pesantren Ustad Arif Abidin (TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI)

"Insyaallah tahun depan kita akan rintis tingkat Madrasah Aliyah," ujarnya.

Ada 25 santri di antaranya merupakan santri dari yatim piatu yang mondok di pesantren tersebut.

"Anak-anak yatim tersebut kita bebaskan semua biaya pendidikan dan kebutuhannya," ujar Arif.

Selama bulan Suci Ramadan ini, kegiatan santri di pondok pesantren Hidayatullah ini, lebih padat di banding hari biasanya, banyak agenda tambahan yang dilaksanakan sang Santri, misalnya tadarrusan setiap selesai salat tarawih hingga pukul sepuluh malam, dan Halaqoh setelah shalat subu. "Halaqoh ini diisi santri secara bergantian bersama sang ustadz," sebut Arif.

Pantauan Tribun di lingkungan pondok pesantren Hidayatullah, Jum'at (2/6), Tampak sebagian para santri mengisi sore harinya saat berpuasa, dengan membaca Alquran, sebagai ciri khas pesantren saat bulan Suci Ramadan.

Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help