TribunJambi/

Jelang Ramadan

Disnak Cek Peredaran Daging di Pasaran

Menjelang bulan Ramadan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh melaksanakan inspeksi mendadak

Disnak Cek Peredaran Daging di Pasaran
TRIBUNJAMBI/HERI PRIHARTONO

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Menjelang bulan Ramadan, Dinas Peternakan dan Perikanan Kota Sungai Penuh melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) kesejumlah pedagang dipasar dan lokasi peternakan dalam kota Sungai Penuh. Untuk melaksanakan pemeriksaan terhadap daging, ikan, dan hewan ternak yang dijual di pasar.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Sungai Penuh, melalui Kepala Bidang Keswan Sungai Penuh, Elfian Gusti mengatakan pelaksanaan pemeriksaan daging, hewan ternak dan ikan jelang Ramadan dan Idul Fitri merupakan program rutin yang dilaksanakan disnakan setiap tahunnya. Hal ini untuk menjaga masyarakat dari gangguan kesehatan, akibat dari pengaruh daging yang tidak baik dikonsumsi oleh Disnakan Kota Sungai Penuh yang diedarkan di pasaran. "Pelaksanaan pemeriksaan daging dikhususkan di pasar-pasar Sungai Penuh dan di peternakan masyarakat," ungkapnya Jumat (19/5).

Pelaksanaan operasi pasar untuk pemeriksaan daging di pasar telah dilaksanakan pihaknya sejak Rabu (17/5) hingga Jumat (19/5). Sejumlah titik pasar daging hingga peternakan dalam Kota Sungai Penuh. Seperti tahun sebelumnya, pelaksanaan kegiatan operasi pemeriksaan kualitas daging dilaksanakan dengan memanfaatkan peralatan yang dimiliki pihaknya. Dengan memeriksa kadar asam dan kadar racun yang terkandung dalam daging yang dipasarkan di tengah masyarakat.

Operasi pemeriksaan daging sangat penting, pasalnya setiap hari besar konsumsi daging dan ikan di Kota Sungai Penuh terus mengalami peningkatan. "Tidak hanya masyarakat Sungai Penuh saja, daging yang dipasarkan di Kota Sungai Penuh juga dikonsumsi masyarakat Kerinci. Sehingga harus terjamin kualitasnya," terangnya.

Sedangkan hasil dari operasi yang dilaksanakan Disnakan Kota Sungai Penuh melalui bidang Keswan, Elfian menyebutkan setelah melaksanakan operasi pemeriksaan terhadap daging dan ikan dalam pasar di Kota Sungai Penuh berjalan dengan baik dan dapat dukungan penuh pedagang dan konsumen di Pasar Kota Sungai Penuh.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan kita, tidak ada daging dan ikan yang dipasarkan di tengah masyarakat yang bermasalah. Daging dan ikan aman dikonsumsi," katanya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help