TribunJambi/
Home »

News

Anggota Dewan Minta Kapolri Tindak Tegas Pelaku yang Tewaskan Taruna Akpol

Anggota Komisi III DPR Muslim Ayub meminta Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menindak tegas pelaku tewasnya Taruna Akademi Kepolisian (Akpol)

Anggota Dewan Minta Kapolri Tindak Tegas Pelaku yang Tewaskan Taruna Akpol
Warta Kota/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Sahabat seangkatan menunjukan foto almarhum taruna Akpol tingkat II Brigadir Dua Taruna (Brigdatar) Mohammad Adam, usai berdoa di Makam Kawasan Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017). Mohammad Adam meninggal dunia diduga dianiaya oleh seniornya. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Anggota Komisi III DPR Muslim Ayub meminta Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menindak tegas pelaku tewasnya Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tingkat II, Mohammad Adam.

Menurut Muslim, peristiwa tersebur harus menjadi tanggungjawab Gubernur Akademi Polisi (Akpol).

"Tidak bisa diluar dinas. Itu masuk tanggungjawab mereka. Wilayah mereka. Kedua banyak anak- anggota DPR ada yang di akpol, itu was-was. Jadi kebimbangangan kerisauan kita ini terjadi di Akpol saat ini," kata Muslim di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Muslim menuturkan insiden tersebut bisa saja terjadi karena ketidaksengajaan. Namun, tetap saja menimbulkan korban jiwa.

"Ini tanggungjawab gubernur sendiri yang tak jeli terhadap orang-orang dia yang mengawasi ini," kata Politikus PAN itu

Muslim meminta tradisi kekerasan dalam sistm pendidikan Akpol harus dihapuskan. Ia menegaskan tidak perlu penggunaan kekerasan dalam mendidik taruna.

"Kalau latihan fisik kenapa dipukul digebug junior-juniornya? Tradisi ini wajib kita tinggalkan. Tidak boleh ada lagi pemukulan. Harusnya junior kita hormati, senior kita harus hargai," kata Muslim.

Diketahui, Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Tingkat II, Mohammad Adam, dinyatakan tewas setelah dilarikan dari asrama ke RS Akpol, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (18/5/2017) dini hari.

Dari pemeriksaan luar, terdapat beberapa luka lebam di bagian dada korban.

"Pagi tadi jam 02.30 WIB, ada laporan seorang taruna Akpol Tingkat II atas nama Mohammad Adam, dibawa ke Rumah Sakit Akpol dan dicek oleh dokter ternyata yang bersangkutan sudah meninggal dunia," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto, di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Setyo juga belum bisa menjelaskan perihal kegiatan apa yang dilakukan korban di asrama Akpol sebelum dinyatakan tewas dengan beberapa luka lebam di dada itu.

Ia juga enggan berspekulasi mengenai penyebab kematian taruna Akpol junior tersebut karena pemukulan atau penganiayaan dari juniornya meski terdapat beberapa luka lebam di dada korban.

Editor: nani
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help