TribunJambi/
Home »

Techno

» News

Mallware Ransomware WannaCry

Perbankan Jambi Nyatakan Insya Allah Aman

Virus Mallware Ransomware WannaCry‎ cukup menjadi ancaman besar bagi masyarakat, terutama bagi para perkantoran yang mempunyai

Perbankan Jambi Nyatakan Insya Allah Aman
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Virus Mallware Ransomware WannaCry‎ cukup menjadi ancaman besar bagi masyarakat, terutama bagi para perkantoran yang mempunyai banyak data, terutama perbankan.

Di Jambi, virus ini cukup mengus‎ik beberapa perkantoran dan perbankan, seperti Bank 9 Jambi. Hal ini diungkapkan oleh direkutur Utama Bank Jambi M Yani.

Dia mengatakan, untuk mengantisipasi ini mereka telah melakukan beberapa langkah kepada pegawainya.  Kata Yani, masing-masing  pegawai TI membackup file kerja masing-masing, kemudian pegawai harap segera dikirimkan email ke semua pegawai agar melakukan backup secara berkala dan melakukan tindakan kehati-hatian dalam menggunakan TI

"Pegawai juga diharapkan jangan klik file sembarangan, pastikan antivirus terbaru," kata Yani, Senin (15/5).

Tak hanya itu, team security dan infrastruktur serta pengembang segera memastikan pencegahan penyebaran virus/ransomware/serangan hacker seperti mengupdate patch baik di server infra maupun aplikasi, update antivirus pegawai, secara berkala mengecek layanan aplikasi dan lain sebagainya.

"Insya Allah dengan dilakukan hal itu, semua aman-aman saja," kata Yani lagi.

Hal itu juga dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah cabang Jambi, di sana mereka melakukan apa yang diperintahkan oleh kantor BRI Pusat. Dengan upaya yang dilakukan itu, mereka yakin sistem mereka tidak terkena ancaman virus itu.

"Insya Allah aman," kata Dudi Saleh, Kepala BRI Syariah cabang Jambi‎.

Sementara itu, komunikasi dan Koordinasi Kebijakan‎ Kantor Perwakilan BI Jambi Aya Shopia‎ mengungkapkan bahwa virus ini menjadi perhatian semua pihak termauk perbankan. Katanya, perbankan berkewajiban mengamankan sistem ITnya masing-masing.

Untuk BI sendiri, departemen Pengelolaan Sistem Informasi (DPSI) BI sudah melakukan upaya pengamanan semua sistem IT di BI sehingga perbankan dan masyarakat tidak perlu khawatir, insyaAllah aman.

"Insya Allah aman, masyarakat tidak perlu khawatir akan virus ini untuk menyerang BI," katanya.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help