TribunJambi/

Erwan: Rencana Siapkan Regulasi Hukum

Wilayah pantai timur sejak beberapa tahun belakangan menjadi satu diantara jalur burung langka untuk bermigrasi.

Erwan: Rencana Siapkan Regulasi Hukum
TRIBUN JAMBI/TOMMY KURNIAWAN

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI - Wilayah pantai timur sejak beberapa tahun belakangan menjadi satu diantara jalur burung langka untuk bermigrasi.

Satu dari jenis burung yang menjadi perhatian dunia internasional adalah Trinil Nortman. Populasi di dunia terpantau hanya 300 ekor. Setiap tahun, Trinil ikut dalam gelombang migrasi burung ke pantai cemara pada Desember-Mei.

Namun disisi lain, spesies tersebut perlahan terancam dikarenakan wilayah tersebut menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Jambi untuk membangun perekonomian, satu diantaranya pembangunan Ujung Jabung.

Penjabat Sekda Provinsi Jambi, Erwan Malik mengatakan cukup banyak aktivitas pembangunan di wilayah pantai Timur ke depannya. Terkait wilayah itu menjadi jalur imigrasi sejumlah spesies burung, Erwan mengaku akan mempelajari terlebih dahulu permasalahannya bersama Dinas Kehutanan.

"Iya kita pelajari dulu bagaimana kondisi di sana. Ini cukup sulit karena wilayah itu tepat menjadi prioritas Pemprov Jambi untuk menjalankan roda perekonomian ke depannya," jelasnya.

Erwan menjelaskan bahwa wilayah jalur imigrasi burung itu bukan termasuk wilayah kawasan yang dilindungi negara.

"Iya memang kawasan itu bersifat esensial dan hanya bedasarkan SK Gubernur Tahun 1990 an. Yang jelas kita berupaya pembangunan di sana tidak mengganggu aktivitas burung di sana, Caranya bagaimana, nanti kita bicarakan kembali dengan intansi terkait," kata Erwan, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/5).

"Yang pastinya akan ada regulasi hukum, jangan sampai ada masyarakat yang mengganggu aktivitas mereka kedepanya," katanya.

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help