TribunJambi/

Mbah Ponco Dianugerahi Penghargaan Aktris Terbaik, Ini Film Pertamanya

Setelah sebelumnya masuk dalam daftar nominasi, akhirnya kategori aktris terbaik jatuh pada Mbah Ponco Sutiyem asal Gunung Kidul, pemeran utama Ziarah

Mbah Ponco Dianugerahi Penghargaan Aktris Terbaik, Ini Film Pertamanya
Mbah Ponco Sutiyem saat ditemui di rumahnya(Kompas.com/Makus Yuwono) 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA – Salah satu nominasi yang didapatkan film Ziarah besutan sineas BW Purba Negara dalam ASEAN International Film Festival and Awards (AIFFA) 2017 ialah Best Actress.

Setelah sebelumnya masuk dalam daftar nominasi, akhirnya kategori aktris terbaik jatuh pada Mbah Ponco Sutiyem asal Gunung Kidul, pemeran utama Ziarah.

Nenek 95 tahun ini bukan aktris profesional dan tidak punya pengalaman akting sama sekali. BW mengaku memilih Mbah Ponco sebagai tokoh utama, karena karakternya begitu otentik. Dari segi fisiologis, menurutnya mbah Ponco juga memiliki karakter yang dibutuhkan dalam Ziarah.

Saat BW dihubungi Kompas.com melalui surat elektronik, Sabtu (6/5/2017), ia mengaku bahwa Mbah Ponco senang ketika diajak bermain film ini.

“Beliau sangat senang. Bagi beliau, ini adalah pengalaman baru,” cerita BW.

“Butuh waktu sekitar satu bulan untuk memutuskannya (Mbah Ponco sebagai pemeran utama),” ungkapnya lagi.

BW sendiri mengungkapkan bahwa Mbah Ponco sudah menonton film Ziarah yang dibuatnya.

“Sudah. Beliau menonton Ziarah di Jogja-NETPAC Asian Film Festival, pada Desember 2016 yang lalu. Beliau sangat senang,” ujar BW.

“Sebelumnya, beliau belum pernah menonton film di bioskop dan pengalaman pertamanya menonton film di layar lebar adalah film yang dimainkannya sendiri. Beliau sangat senang,” tuturnya.

Editor: nani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help