Jalan Rusak

Jalan Jangkat Terancam Putus

Ruas jalan Bangko-Jangkat terancam putus. Pasalnya jembatan yang berada tepat di atas sungai Muara Krukup yang berbatasan

Jalan Jangkat Terancam Putus
TRIBUN JAMBI/HERUPITRA

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO - Ruas jalan Bangko-Jangkat terancam putus. Pasalnya jembatan yang berada tepat di atas sungai Muara Krukup yang berbatasan dengan desa Masurai amblas.

Kades Masurai, Syahrul Amin mengatakan, kondisi jembatan semakin parah terjadi pada, Selasa (25/4) malam lalu. Aspal yang melapisi beton jembatan retak, dan terdapat lobang besar di bagian pangkal jembatan, sehingga tidak bisa dilewati kendaraan.

“Antara aspal jalan dan beton jembatan itu yang longsor ke sungai jadi dak biso nian dilewati,” ujar Syahrul saat dikonfirmasi wartawan.

Untuk menanggulangi terjadi kemacetan panjang sambung Syahrul, warga secara gotong royong menutupi lobang tersebut. Lobang ditutupi dengan batu-batu besar yang diambil dari tepi sungai.

“Ya, kami tanggulangi secara darurat dulu. Lobangnya kami tutup pakai batu baru dikasih kayu, tapi itu hanya sementara. Tadi saya dapat kabar, batu yang kami ganjal ke lobang itu juga sudah mulai berjatuhan ke sungai,” jelasnya, kemarin.

Sementara, untuk bantuan dari pihak Pemkab Merangin melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Merangin sama sekali belum ada. Padahal dirinya sudah melaporkan kondisi jembatan ini.

“Saya hanya diminta untuk membuat proposal usulan perbaikan jembatan. Kalau kondisi saat ini kan namanya darurat,” cetusnya.

Memang, kata Syarul, jembatan itu kondisinya sudah sangat berbahaya. Namun, sayangnya sama sekali tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, baik ditingkat kabupaten maupun provinsi.

Hal senada juga diutarakan oleh Camat Lembah Masurai, Hendri Putra. Menurutnya, kondisi jembatan sudah sangat memprihatinkan.

“Sudah sangat parah jembatan Muara Krukup itu,” cetusnya.

Kondisi jembatan yang merupakan milik Provinsi Jambi ini, semakin mengenaskan. Sebabkan kondisi debit air sungai Muara Krukup yang semakin membesar, ditambah dengan arus yang cukup deras karena intensitas hujan yang cukup tinggi belakangan ini.

“Itu yang menyebabkan tebing sungai yang ada tepat di bawah jembatan tergerus air dan longsor,” ujarnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help