TribunJambi/

Lowongan Kerja Terbatas

Ketersediaan lowongan pekerjaan yang berasal dari perusahaan yang ada di Batanghari sangat terbatas, rerata lowongan yang ada

Lowongan Kerja Terbatas
TRIBUNJAMBI/HANIF BURHANI
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Ketersediaan lowongan pekerjaan yang berasal dari perusahaan yang ada di Batanghari sangat terbatas, rerata lowongan yang ada berupa pekerjaan lapangan.

“Disini banyak perusahaan kayu lapis, kelapa sawit dan yang lainnya, dan rerata membutuhkan pekerja lapangan sementara lowongan administrasi di kantor hanya sedikit,” kata Kepala Bidang Kompetensi dan Produktifitas, Ahmad Farij Wajdi.

Selain itu, kebutuhan perusahaan akan karyawan juga sedikit. “Jika membutuhkan ternaga administrasi, dan hanya membutuhkan 2 orang, mereka hanya dari mulut ke mulut saja atau atas rekomendasi orang dalam,” imbuhnya.

Karena jika dibuka umtuk umum, pihak perusahaan kerepotan saat melakukan seleksi. “Itulah yang kami dapatkan saat berkoordinasi dengan perusahaan terkait lowongan kerja,” kata Farij.

Dan upaya Pemkab untuk memberikan keahlian bagi pencaker, adalah dengan memberikan pelatihan. “Tahun ini kami akan menggelar dua pelatihan, yakni pelatihan otomotif kendaraan roda empat dan las teralis, namun peserta terbatas, mudah-mudahan tahun depan bisa ditambahn,” ujarnya.

Banyaknya pencari kerja ditandai dengan banyaknya kartu kuning yang dikeluarkan iDnas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Nakertrans).

Nakertrans sudah mengeluarkan kartu kuning sebanyak 210 pada Januari, 210 kartu pada Februari dan 116 kartu pada Maret.

“Namun pada periode yang sama jika dibandingkan dengan tahun lalu, masih banyak tahun lalu. Tahun lalu tercatat sebanyak 795 kartu kuning. Dan secara global, tahun 2016 kami mengeluarkan 2.434 kartu kuning dan di 2015 sebanyak 2.098,” katanya.

Namun, lanjutnya jumlah pencaker bisa lebih banyak lagi karena musim pengurusan kartu kuning belum mulai. “Pengurusan kartu kuning biasanya ramai setelah musim wisuda kampus atau kelulusan SMA sederajat,’ ujarnya. (Sra)

Penulis: suci
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help