TribunJambi/

Kopi Nusantara Rasa Mendunia

Koffiekopi berdiri sejak tiga tahun lalu, sejak berdiri tempat ini selalu ramai pengunjung. Khususnya pecinta kopi nusantara.

Kopi Nusantara Rasa Mendunia
TRIBUNJAMBI/Niko Firmansyah
Barista tengah menyajikan kopi di kedai kopi koffiekopi 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Niko Firmansyah

TRIBUNJAMBI.COM - Koffiekopi berdiri sejak tiga tahun lalu, sejak berdiri tempat ini selalu ramai pengunjung. Khususnya pecinta kopi nusantara. 

Owner koffiekopi, Deni (32) mengatakan berdirinya kedai ini bermula dengan satu ide untuk menciptakan kedai kopi yang menonjolkan  citra rasa khas nusantara, di mana pilihan kopi tersebut menunjukan kekayaan bumi nusantara.

Kenyamanan yang di tawarkan kedai kopi tersebut membuat pengunjung lebih leluasa berinteraksi antara sesama pengunjung.

Dengan harga yang ditawarkan relatif murah Rp 15 ribu untuk semua rasa (late, es kopi, dan americano).

Dalam sehari Koffikopi bisa menjual rata - rata tiga kg biji kopi untuk di nikmati pengunjung.

Kopi-kopi ini disajikan tanpa gula, untuk yang baru pertama mencobanya, bakal terasa pahit dan jika ingin menambahkan gula bisa diambil sendiri sesuai selera, ada juga rasa sedikit manis, sedikit asam, dan bisa di sajikan dingin atau pun panas.

Selain itu profil roasting menentukan tingkat keasaman rasa kopi tersebut. Makin terang warna kopi setelah di  roasting maka semakin tinggi tingkat keasaman kopinya. 

Selain roasting, proses pasca panen  dengan lahan yang basah ataupun kering berpengaruh juga dengan rasa kopi itu sendiri.

Lahan yang  basah lebih Asam dan lahan kering terasa sedikit manis dan fruity.

Jenis kopi yang ada di kofikopi adalah arabika,  robusta dan liberika. Jenis ini memberikan kelebihan kharakter rasa yang berbeda beda dan ditanam di ketinggian yang berbeda.

"Kita harus tau kopi ini ditanam pada ketinggian berapa dan karakter kopinya seperti apa." Katanya

Arabika mempunyai rasa asam ada mengeluarkan rasa buah,  robusta rasa pahit dan liberika rasa yang unik ada asam dan manis, karna di tanam di lahan gambut.

Konsep penyajiannya pun manual blowing dengan mengunakan V60, menjadi kan kopi selalu fresh Dan nikmat untuk di minum, tempat ini sangat cocok bagi anda penikmat kopi untuk selalu merasakan citra rasa kopi khas nusantara.

Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help