Viral di Facebook! Netizen Ini Ungkap Kejorokan Turis dari Indonesia di Jepang

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan sebagian dari iman. Lingkungan yang bersih akan membawa kita pada kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

Viral di Facebook! Netizen Ini Ungkap Kejorokan Turis dari Indonesia di Jepang
FACEBOOK/KOLASE
Unggahan Tyas Palar 

TRIBUNJAMBI.COM - Menjaga kebersihan lingkungan merupakan sebagian dari iman. Lingkungan yang bersih akan membawa kita pada kondisi tubuh yang sehat dan bugar.

Kebiasaan baik ini seharusnya juga dipraktekan di manapun berada. Tak terkecuali ketika pergi ke luar negeri.

Segala sesuatu yang dilakukan haruslah tak merugikan orang lain apalagi hingga mempermalukan identitas negara lewat kelakuan buruk diri sendiri.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu. Seorang warga negara Indonesia bernama Tyas Palar membeberakan perilaku jorok turis Indonesia tatkala dirinya sedang makan di Bandara Haneda, Tokyo.

Curhatannya itu ia tulis di status jejaring sosial Facebook hingga akhirnya menjadi perbincangan banyak orang. Ia menceritakan, saat itu dirinya dan sang ibunda berencana kembali ke Jakarta melalu bandara Haneda,Tokyo.

Sebelumnya mereka menyempatkan diri sarapan di sebuah restoran yang berada di lantai atas bandara.

Tak jauh dari tempat mereka duduk, ada segerombolan turisIndonesia yang juga sedang menyantap makanan.

Sekilas memang tak ada yang aneh dengan kegiatan itu. Namun, setelah gerombolan turis Indonesia itu pergi, Tyas dikagetkan dengan meja dan sampah yang berserakan.

"Salah satu rombongan turis Indonesia itu telah pergi, menyisakan meja yang berantakan seperti yang saya foto. Bukannya membuang sampah sendiri ke meja makan dan mengembalikan baki ke restoran awal seperti seharusnya. Mungkin mereka berpikir ini seperti di Indonesia, akan ada pelayan atau petugas yang membersihkan. Padahal tidak ada," ujarnya.

Perlu diketahui bahwa adab makan di Jepang pada umumnya pelanggan membersihkan dan membuang sampahnya sendiri terutama restoran cepat saji.

Halaman
1234
Editor: rahimin
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help