TribunJambi/

VIDEO

VIDEO: Perwakilan Kemendag Sebut Ketersediaan Sembako Jambi Jelang Lebaran Aman

Jelang amadan, tampaknya Kementerian Perdagangan Indonesia berkaca dari pengalaman kesulitan sebelumnya. Akan tren kenaikan harga

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Jaka HB

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jelang amadan, tampaknya Kementerian Perdagangan Indonesia berkaca dari pengalaman kesulitan sebelumnya. Akan tren kenaikan harga sembako dan kesediaannya.

Sehingga Kementerian Perdagangan pun mengutus Pejabat Eselon I Kemendag mengecek sembako dan pada kunjungan kerja kali ini.

Suhanto satu diantara Pejabat Eselon Kemendag yang hadir melakukan kunjungan ke Pasar Angso Duo.

Kemudian melakukan kunjungan ke distributor bapok (Abadi Makmur dan PD. Setia), retail modern (Giant), retail modern lokal (Meranti Swalayan), dan terakhir meninjau Gudang Bulog Pasir Putih.

“Harga beras medium di Pasar Angso Duo Rp 10.500/kg, gula pasir Rp 12.500/kg, minyak goreng curah Rp 11.000/kg, daging sapi Rp 120.000/kg, daging ayam Rp 28.000/kg, cabe merah kriting Rp 18.000/kg, bawang merah Rp 22.000/kg, bawang putih Rp 38.000/kg, telur ayam ras Rp 1.200/butir," imbuh Suhanto.

Suhanto menyatakan, perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Jambi terpantau relatif stabil bahkan cenderung turun dibandingkan satu minggu sebelumnya. Harga rata-rata nasional barang kebutuhan pokok per Kamis (20/4) dibandingkan satu minggu sebelumnya (13/4) umumnya juga relatif stabil (turun/naik 0 - 2%).

Stok Barang Pokok di Distributor Abadi Makmur untuk beras sebanyak 500 ton, gula pasir 1.000 ton, dan minyak goreng kemasan 250 ton. Sedangkan untuk stok beras pada Distributor PD Setia sebanyak 100 ton dan gula pasir 100 ton. Para distributor tersebut menjual gula pasir kepada pengecer seharga Rp 11.300/kg.

“Pada ritel modern Giant, untuk harga gula pasir Rp 12.500/kg, minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000/liter, dan daging beku Rp 80.000/kg, sudah sesuai dengan ketentuan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan Pemerintah. Namun, ditemukan pada ritel modern lokal (Meranti Swalayan) untuk harga gula pasir Rp 12.600/kg,” tambah Suhanto.

Pada saat kunjungan ke Gudang Bulog Pasir Putih, stok gula pasir sebanyak 250 ton stok beras saat ini sebanyak 2.000 ton, sedangkan untuk seluruh gudang Bulog di Provinsi Jambi sebanyak 6.000 ton. Dengan kata lain, persediaan beras untuk Kota Jambi cukup untuk 5 bulan ke depan..

"Kemendag berupaya mengantisipasi sejak dini potensi kenaikan harga barang kebutuhan pokok menjelang hari besar keagamaan nasional. Langkah utama kami adalah melakukan identifikasi harga bapok daerah dan nasional. Kedua, mengidentifikasi langkah-langkah dan kesiapan instansi terkait dan pelaku usaha, dan yang ketiga yaitu meningkatkan fungsi pengawasan atas barang yang beredar di masyarakat,” jelas Suhanto.

Penulis: Jaka Hendra Baittri
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help