TribunJambi/

VIDEO: Langkanya Ikan Botia, Ikan Khas Jambi

Jambi tak hanya kaya akan budayanya namun juga produk perikanan lokal yang sudah mampu menembus pasar Internasional.

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Heri Prihartono

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Jambi tak hanya kaya akan budayanya namun juga produk perikanan lokal yang sudah mampu menembus pasar Internasional.

Sayangnya ikan endemik Khas Jambi keberadaannya di alam kian menurun, seiring tingginya penangkapan namun tak diimbangi dengan pembudidayaan masif.

Satu diantara ikan endemik khas Jambi adalah botia (Chromobotia macracanthus) yang memiliki ciri-ciri warna kuning hitam dengan patil (duri) di sisi kiri dan kanan, serta tak bersisik.

Keberadaan botia sudah mulai langka, pasalnya untuk mencarinya dahulu menunggu air pasang. Saat ini sudah sulit ditemukan, akibat berbagai faktor seperti penangkapan menggunakan strum.

Ikan hias ini menjadi ikan langka yang sulit dikembangkan, dibanding ikan jenis lain.

" Sebab di alam alat penangkapan yang tak ramah membuat jumlahnya juga berkurang," ujar
Dona Putra teknisi botia, kepada Tribun Kamis (20/4).

Diakuinya Re Stocking di alam baru mencapai 3 ribu ekor sementara penangkapan jumlahnya lebih banyak, sehingga membuat ikan ini terancam.

Sejak 2015 di Jambi pengembangan botia dengan kerjasama Balai Penelitian dan Pengembangan Budi Daya Ikan Hias Depok yang berlangsung hingga saat ini.

" Kerjasamanya dalam bentuk pertukaran ilmu dan teknologi serta dari Depok juga pernah menyalurkan induk ke Jambi," ujarnya.

Halaman
123
Penulis: heri prihartono
Editor: nani
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help