MS-13, Benarkah Ini Geng Paling Brutal di Dunia

Sementara, Jaksa Agung Jeff Sessions berjanji untuk menghancurkan kelompok itu.

MS-13, Benarkah Ini Geng Paling Brutal di Dunia
MS-13, Geng jalan paling brutal di dunia | BBC 

TRIBUNJAMBI.COM - Teror dan rangkaian pembunuhan brutal terjadi di Amerika Serikat. Yang paling baru adalah pembunuhan massal yang terjadi pada Senin (17/4) di Long Island.

Terkait hal ini, MS-13 pun langsung menjadi sorotan. Siapakah geng jalanan yang disebut paling brutal di dunia ini sebenarnya? Dan siapa mereka yang berada di balik geng yang lahari di Los Angeles tapi berakar di El Salvador ini?

Tak lama setelah teror itu, Presiden AS Donald Trump sempat mengunggah komentar di akun Twitter-nya. Dia menyebut bahwa geng tersebut “buruk”.

Sementara, Jaksa Agung Jeff Sessions berjanji untuk menghancurkan kelompok itu.

Lepas dari itu, keduany secara eksplisit menyalahkan kebijakan imigrasi era Presiden Barack Obama, terkait penguatan geng tersebut.

Seperti sudah disebut di awal, MS-13 lahir di Barrios, Los Angeles, pada 1980-an. Geng ini didirikan oleh imigran yang menyelamatkan diri dari perang saudara di El Salvador yang brutal.

Tak hanya dari El Salvador, beberapa anggota geng ini juga berasal dari Honduras, Guatemala, dan Meksiko.

Asal tahu, MS merupakan singkatan dari Mara Salvatrucha. Ini adalah kalimat kombinasi dari Mara atau geng, “salva”, dari Salvador, dan “trucha” yang kira-kira berarti cerdas di jalanan.

Jika mengacu data FBI, geng ini sudah menyebar ke 46 negara bagian.

Pada 2012, Kementerian Keuangan AS menyebut geng tersebut sebagai “organisasi kriminal transnasional”.

Halaman
1234
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help