FOTO - Harga Cabai Anjlok, Petani : Empat Kali Panen Balik Modal

Beberapa pekan ini harga komoditi di tingkat petani mengalami penurunan. Di Kabupaten Kerinci harga cabai merah dan bawang

FOTO - Harga Cabai Anjlok, Petani : Empat Kali Panen Balik Modal
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Beberapa pekan ini harga komoditi di tingkat petani mengalami penurunan. Di Kabupaten Kerinci harga cabai merah dan bawang yang anjlok di tingkat petani maupun di pasaran. Hal ini berimbas pula pada keuntungan yang diperoleh kalangan petani.

Keterangan dari petani di Kabupaten Kerinci harga cabai di tingkat petani saat ini dijual sebesar Rp14 ribu dan paling tinggi Rp17 ribu perkilogram. Demikian pula ditingkat eceran di pasaran perkilogram berkisar Rp 20 ribuan. "Harga murah hasil melimpah. Harga kita jual ke pedagang Rp14 ribu, paling tinggi Rp17 ribu perkilogram. Jadi panen yang keempat kali baru balik modal," kata Aryadi, seorang pengusaha cabai Kerinci, Jumat (21/4).

Ia mengatakan penyebab harga cabai turun umumnya karena masuk musim panen. Selain itu adanya pasokan cabai dari luar Kerinci. Sebagai petani, kata dia, tentu berharap harga naik, setidaknya stabil. "Kalau harga stabil saja. Cepat balik modal. Dan juga untung naik," harapnya

Edi Asari, juga petani cabe di Kayu Aro mengakui banyak petani kayu aro sedang panen cabai. Selain itu pasokan atau permintaan dari luar Kerinci juga berkurang dari biasanya.

21042017_PETANI_CABAI
Petani Cabai.(TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA)

Ia mengatakan selain harga cabai, harga komiditi lainnya juga masih turun. Harapannya upaya dari pemerintah daerah menstabilkan harga.

"Iya di Kayu Aro juga turun, masih banyak yang sedang panen. Kakau harapan petani harga naik, di petani lebih dari Rp 20 ribu lah perkilogram," ungkapnya

Sementara itu kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kerinci, Raminudin mengakui saat ini dua komoditas itu memgalami penurunan harga di pasaran. Ia mengatakan agar harga tetap terjaga di pasaran, meminta petani menyesuaikan pola tanam yang tepat.

"Iya harga cabai saat ini sedang mengalami penurunan di Kerinci. Karena permintaan juga turun," katanya.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help