TribunJambi/

Ingin Renovasi Rumah, Ini Tips Jitu

Padahal, mereka bisa menetapkan desain dan harga berhenti di angka berapa. “Sehingga, membantu lebih efisien dari segi desain dan biaya,” klaim Tri.

Ingin Renovasi Rumah, Ini Tips Jitu
net/Tribun Jambi
Ilustrasi. 

TRIBUNJAMBI.COM - Anda berencana merenovasi rumah? Tri Heru Laksmana, arsitek sekaligus kontraktor yang banyak menangani proyek di Jakarta, punya sejumlah tip.

Pertama, sesuaikan bujet dengan kebutuhan atau keinginan dari renovasi.

Kedua, desain harus berdasarkan kebutuhan dan keinginan. Jangan semua keinginan Anda wujudkan dalam desain. Yang utama adalah tetap mengacu ke kebutuhan dari renovasi rumah

Ketiga, enggak ada salahnya menggunakan jasa arsitek atau kontraktor. Tri bilang, mungkin memakai jasa arsitek atau kontraktor membuat sebagian orang berpikir, malah menambah biaya.

Padahal, mereka bisa menetapkan desain dan harga berhenti di angka berapa. “Sehingga, membantu lebih efisien dari segi desain dan biaya,” klaim Tri.

Dalam memilih arsitek atau kontraktor, sebaiknya berdasarkan referensi orang yang sudah Anda kenal. Pilih juga yang sering menangani proyek, tentu dengan hasil yang sangat memuaskan. Ini akan berefek ke portofolio dan tarif jasa arsitek dan kontraktor itu.

Sedang David yang baru saja merenovasi rumah yang baru dibelinya di daerah Jakarta Selatan memberi saran: ada baiknya Anda mencari sendiri bahan bangunan. “Selain supaya tahu kualitas barangnya sehingga kita bisa puas, ini juga untuk menyesuaikan dengan bujet yang ada,” kata David.

Untuk jasa tukang pun lebih baik pilih yang borongan, jangan harian. Sebab, Anda bisa tahu tarif jasa dan waktu pelaksanaan renovasi dengan pasti. “Dan, harus menyiapkan bujet lebih karena biasanya selalu ada saja dana lebih yang harus dikeluarkan,” ujar David. (Francisca Bertha Vistika)

Editor: duanto
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help