TribunJambi/

Suzuki Ignis Tampil Menggoda, Baru Nih

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director SIS, mengatakan kehadiran Ignis akan memberikan pilihan baru di dunia otomotif Indonesia.

Suzuki Ignis Tampil Menggoda, Baru Nih
Stanley R/KompasOtomotif
Suzuki meluncurkan Ignis, city car terbaru di Indonesia, Senin (17/4/2017). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - PT Suzuki Indomobil Sales akhirnya resmi meluncurkan Ignis di Jakarta, Senin (17/4/2017). Mobil kota (city car) ini diimpor langsung dari India, tampil dengan gaya urban sport utility vehicle (SUV) yang dianggap mampu memberikan warna baru pada segmen mobil kota.

Suzuki Ignis dikembangkan melalui Total Effective Control Technology guna mendukung keselamatan dan platform Heartect. Struktur terdiri dari high-rigid underbody dengan material high-tensil steel yang diklaim memungkinkan Ignis tetap andal di medan off-road.

Setiawan Surya, 4W Deputy Managing Director SIS, mengatakan kehadiran Ignis akan memberikan pilihan baru di dunia otomotif Indonesia.

"Suzuki Ignis merupakan pilihan terbaik bagi para pengendara yang memerlukan kendaraan stylish, modern, dan tetap menyuguhkan keiritan bahan bakar," ujar Setiawan dalam seremoni peluncuran.

Bodi Ignis dibangun menggunakan material ringan. Meski bergaya SUV, desain tetap mengacu pada daya aerodinamika untuk memberikan efesiensi bahan bakar saat kecepatan konstan.

Ignis hadir dengan mesin K12M berkubikasi 1.200 cc dengan konfigurasi empat silinder, DOHC-VVT. Dalam pengujian yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi Ignis mencapai 23,64 kpl untuk transmisi manual, dan 23,44 kpl untuk transmisi auto gear shift (AGS).

Menggoda Konsumen LCGC

Suzuki Ignis hadir dalam tiga varian, yakni GL MT, GX MT, dan GX AGS. Semuanya dibekali dengan mesin 1.197 cc empat silinder yang diklaim mampu mengeluarkan tenaga sebesar 83 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm di 4.200 rpm.

Suzuki memasarkan Ignis dengan harga Rp 139,5 untuk GL MT, Rp 159,5 juta (GX MT), dan Rp 169,5 juta (GX AGS). Bila dibandingkan dengan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC), harga Ignis cukup kompetitif.

Ignis GL MT yang menjadi varian termurah, harganya bahkan lebih murah dibanding Toyota Agya 1.000 cc TRD bertransmisi otomatis yang dipasarkan Rp 139,61 juta. Untuk Ignis GL MT, harganya bersaing dengan dengan Toyota calya tipe tertinggi yang dipasarkan Rp 152,15 juta.

Sedangkan untuk Ignis GX AGS, bila bersanding dengan pesaing lain di segmen city car. Contohnya seperti Etios Valco 1.2 E MT yang dipasarkan Rp 165,1 juta, Daihatsu Sirion 1.3 MT dengan Rp 162,525 juta, atau Honda Brio RS MT Rp 163 juta.

Ignis GX AGS menjadi city car termurah yang memiliki transmisi "setengah otomatis". Karena untuk Brio CVT dan Sirion matik harganya sudah lebih dari Rp 170 juta.

Ignis hadir dengan enam pilihan warna untuk model GL, yakni Silky Silver, Arctic White Pearl, Midnight Black Pearl, Uptown Red Pearl, Tinsel Blue pearl Metallic, dan Glistering Grey Metallic.

Sedangkan untuk tipe GX disuguhkan dengan tujuh pilihan warna, Silky Silver, midnight Black Pearl, Arctic White Pearl, Glistering Grey Metallic, Dual Tone Uptown Red pearl and Midnight Black Pearl, Dual ToneTinsel Bluw Pearl and Midnight Black Pearl dan Dual Tone Tinsel Blue pearl and Arctic White Pearl. (Stanly Ravel)

Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help