Jalan Rusak

Puluhan Kilometer Jalan akan Diperbaiki

Tahun Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Batanghari, tidak akan membangun

Puluhan Kilometer Jalan akan Diperbaiki
TRIBUN JAMBI/HENDRI DEDE PUTRA
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARABULIAN - Tahun ini Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Batanghari, tidak akan membangun ruas jalan baru melalui APBD. Yang ada hanya peningkatan dan pemeliharaan jalan saja, dari hal ini seperti dikatakan Kabid Bina Marga, A Shomad.

"Kebanyakan bersifat peningkatan dan pemeliharaan, dengan total jalan yang akan di perbaiki di Kabupaten Batanghari ini kurang lebih Sepajang 20 KM khusus tahun ini" jelas Shomad.

Peningkatan dan pemeliharaan jalan ini, lanjutnya saat ini sedang proses tender Detail Engineering Design (DED).

"Pengumuman tender sudah dilakukan, dan diperkirakan kontrak kerja akan dilakukan di bulan, sementara tender fisik akan dilakukan pada Mei," ujarnya.

Beberapa titik ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Batanghari memang sangat memprihatinkan dan perlu perhatian pemerintah setempat. Yang memiliki kerusakan jalan yang paling parah yakni di Kabupaten Batanghari yakni di kecamatan Maro Sebo Ulu, tepatnya di Simpang Sungai Rengas-Peninjauan, dengan panjang sekitar 10 KM.

Sedangkan di Simpang Rantau Gedang-Desa Sungai Ruan Sepajang 10 KM, dan di beberapa wilayah lainnya yang memiliki titik parah yang tidak terlalu panjang.

Selain peningkatan dan pemeliharaan jalan, di tahun 2017 ini pemerintah Batanghari juga akan membangun 2 jembatan dan 2 turap serta 2 titik pengerasan.

"Anggaran sekitar Rp103 miliar, itu sudah termasuk anggaran pembangunan 2 jembatan, 2 turap dan pengerasan di 2 titik untuk tahun ini" ujarnya.

Selain itu beberapa titik jalan lintas kota di Muara Bulian yang rusak yakni dari arah sridadi hingga tugu jam Kejaksaan Negeri Muara Bulian juga akan segera diperbaiki.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPRD Batanghari , M Mahdan. Menurutnya, infrastuktur menjadi prioritas pembangunan.

"Skala prioritas tahun ini adalah sektor infrastruktur berupa jalan dan jembatan," katanya.

Selain jalan dan jembatan, pembangunan turap di sepanjang DAS Batanghari juga perlu dilakukan.

"Usulan dari setiap kecamatan untuk pembangunan turap sudah masuk, hanya saja ini diluar kemampuan APBD sehingga hanya mengandalkan dana dari provinsi atau APBN," tutupnya.

Penulis: suci
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help