TribunJambi/

Otomotif

Ini Tips Memilih Oli Motor: Pilih yang Sesuai Kebutuhan

PENGGUNAAN oli pada sepeda motor merupakan bagian penting yang tidak bisa dielakkan. Oli atau cairan pelumas dibutuhkan

Ini Tips Memilih Oli Motor: Pilih yang Sesuai Kebutuhan
Net

TRIBUNJAMBI.COM - PENGGUNAAN oli pada sepeda motor merupakan bagian penting yang tidak bisa dielakkan.
Oli atau cairan pelumas dibutuhkan untuk menunjang kelancaran dan kinerja mesin serta komponen lainnya di dalam sepeda motor anda.

Oli yang bagus akan menjaga performa dan kondisi motor agar tetap prima saat digunakan. Semakin bagus kualitas oli maka akan semakin bagus pula performa mesin sepeda motor anda.

Namun perlu diketahui, oli pada sepeda motor tidak boleh sembarang merek. Harus dipastikan merek oli yang dipilih tepat dan sesuai kebutuhan motor anda.
Ada baiknya anda berkonsultasi dengan teknisi motor untuk pemilihan merek oli yang tepat dan cocok sesuau debgan tipe motor anda.

Kebiasaan mengganti-ganti merek oli pun mesti dihindari agar tidak merusak mesin motor anda.

Instruktur Safety Riding Honda Sinar Sentosa Primatama Jambi Trya Adha mengatakan penggantian oli sepeda motor perlu dilakukan secara rutin dan berkala agar kondisi sepeda motor tetap prima saat digunakan.

"Misalkan diganti saat service. Atau mesti di cek sebelum melakukan perjalanan jauh," sebutnya beberapa waktu lalu. 

Cek Rembesan

DEMI menjaga performa mesin sepeda motor agar tetap prima, sebaiknya anda harus mengganti oli motor secara rutin. Setidaknya setiap 2 bulan sekali atau 2.000 sampai 4000 kilometer, oli sepeda motor harus di ganti.

Kondisi ini juga tergantung pada intensitas pemakaian motor dan kondisi jalan yang anda lalui setiap hari.
Seringnya menempuh perjalanan jauh akan membuat usia pemakaian dan kualitas oli motor anda cepat berkurang dan perlu diganti dengan yang baru.

Selain itu Trya Adha mengatakan anda dapat mengecek kapan semestinya mengganti oli baru dari rembesan oli yang terlihat pada sepeda motor anda.
Ia menegaskan sebelum melakukan perjalanan jauh pastikan kondisi oli motor anda bagus.

"Cek olinya, apakah masih bagus? Apakah diganti secara teratur? Tidak perlu dibuka tapi lihat ada gak rembesan olinya? Jika rutin di ganti maka tidak akan ada masalah," tutupnya.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help