Bus Antik PO Sabang Jaya Ini Diincar Kolektor, Segini Harganya Sekarang

Lie Po Sang (77) tak menyangka bus kayu tua yang ada di garasi belakang rumahnya masih dilirik kolektor. Dua unit bus bekas PO

Bus Antik PO Sabang Jaya Ini Diincar Kolektor, Segini Harganya Sekarang
Bangkapos/Riki Pratama
DIINCAR KOLEKTOR -- Bus PO Sabang Jaya adalah bus angkutan umum yang melayani rute Toboali - Pangkalpinang kurun waktu 1954-2000. Bus ini diincar kolektor mobil tua, dan dihargai Rp 50 juta per unitnya oleh pemiliknya. 

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKA - Lie Po Sang (77) tak menyangka bus kayu tua yang ada di garasi belakang rumahnya masih dilirik kolektor. Dua unit bus bekas PO Sabang Jaya itu ia jual seharga Rp 50 juta.

Lelaki yang memiliki nama asli Hasan Rusli itu sebetulnya memiliki 12 bus kayu.

Namun sekitar beberapa bulan lalu, dua mobil sudah dijual kepada kolektor mobil antik, sehingga saat ini tersisa 10 yang tersusun rapi di garsi belakang rumahnya di Toboali Bangka Selatan.

"Jumlahnya 12 buah, ada dua saya jual karena ada yang mau beli orang di Pangkalpinang satu seharga Rp 50 juta," kata Lie Po Sangketika ditemui Bangka Pos, Rabu (5/4/2014).

Di belakang rumah Hasan terdapat garasi besar yang menyimpan bus Kayu PO Sabang Jaya.

Ada satu unit yang kondisinya sudah terpotong potong, sementara beberapa yang lain mangkrak di garasi, bodinya berdebu dan berkarat.

"Kondisi telah rusak, ada satu yang sudah terpotong menjadi besi buruk, ada yang terbengkalai begitu saja," kata Lie Po Sang.

Bus Kayu PO Sabang Jaya atau Bintang Selatan ini punya nilai historis yang sangat tinggi.

Bus fenomenal ini mulai melayani penumpang kurun waktu tahun 1954-2000.

"Bus itulah pertama mengantarkan warga Toboali ke Pangkalpinang," kata Lie Po Sang.

Halaman
12
Tags
bus
harga
Editor: fifi
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help