BPJS Kesehatan

"Terima Kasih Pak Gubernur"

Kehadiran program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat (JKN KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan dalam rangka

TRIBUN JAMBI/TOMMY KURNIAWAN

TRIBUNJAMBI.COM - Kehadiran program jaminan kesehatan nasional kartu Indonesia sehat (JKN KIS) yang dikelola BPJS Kesehatan dalam rangka menjalankan amanat undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional (SJSN) terbukti telah memberikan harapan baru bagi rakyat Indonesia akan adanya kepastian perlindungan atas hak jaminan sosial.

Sebagaimana disebutkan dalam pasal 28h ayat 3 undang-undang Dasar 1945 bahwa setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat.

Dukungan pemerintah daerah terhadap keberlangsungan program JKN Kis demi mencapai cakupan semesta atau universal health coverage sangatlah strategis ditunjukkan dengan sebanyak 431 Pemda telah menunjukkan komitmennya dengan mengintegrasikan program jaminan kesehatan daerah ke program JKN KIS.

Dukungan yang sama ditunjukkan oleh Pemerintah Provinsi Jambi yang telah mengintegrasikan jaminan sosial masyarakat kepada program JKN KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.

Di tahun 2016 tercatat sebanyak 3.978 peserta JAMKESDA yang didaftarkan oleh Pemda Provinsi Jambi dan sejumlah 8.349 akan mulai aktif terhitung mulai tanggal 1 Mei 2017 di dalam kegiatan sosialisasi publikasi integrasi jaminan kesehatan daerah Provinsi Jambi kepada JKN KIS data launching kartu JKN KIS oleh Gubernur Provinsi Jambi Zumi Zola, Senin (10/4) bertempat di lapangan kantor Gubernur Jambi ini menunjukan mendukung program JKN KIS.

"Total jumlah peserta terdaftar sebesar 1.900.794 atau 56,8% dari total jumlah penduduk Provinsi Jambi tersebut sudah cukup baik namun kerja keras kita masih belum usahain karena masih terdapat 43,2% yang belum terintegrasi ke dalam program JKN KIS kita  harap seluruh penduduk posisi Jambi dapat terkabul dalam program ini hingga 2019 sehingga tidak ada lagi penduduk yang mengalami kesulitan dalam dapatkan pelayanan kesehatan" kata Hidayat Sumintapura, Kepala Divisi Regional II BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan dalam segi pelayanan di internal BPJS Kesehatan sendiri serta kerjasama dengan penyedia layanan kesehatan saat ini tercatat sebanyak 25.940 Askes yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dengan jumlah dua kosong tujuh tujuh delapan FKTP dan 5.162 FKTL.

"Selain kegiatan publikasi tentang integrasi jaminan kesehatan diatur pula dilakukan penandatanganan komitmen Pemerintah yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Jambi bersama Kepala Divisi Region 2 BPJS Kesehatan Hidayat Sumintapura yang mana komitmen tersebut tertuang integrasi Jamkesda Provinsi Jambi dalam JKN KIS," katanya.

Kegiatan ini menambah daftar Pemerintah Daerah yang telah mengintegrasikan jaminan kesehatan kepada JKN KIS BPJS kesehatan dan apresiasi tertinggi diberikan oleh Gubernur Jambi terhadap program JKN KIS dan pelayanan kesehatan menjadi salah satu prioritas Pemerintah Provinsi Jambi.

"Alhamdulillah, memang kesehatan menjadi sesuatu yang kami fokuskan untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan ini juga sering disampaikan oleh Pak Presiden," sebutnya.

Halaman
123
Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help