TribunJambi/

Sawit dan Karet Pengaruhi NTP

Pada Maret 2017 lalu, Nilai Tukar Petani (NTP) mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.‎

Sawit dan Karet Pengaruhi NTP
TRIBUN JAMBI/HANIF BURHANI

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pada Maret 2017 lalu,  Nilai  Tukar Petani (NTP)  mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.‎

Pada Maret 2017, NTP Provinsi Jambi sebesar 100,99. Angka ini turun 0,77 person‎ daripada bulan sebelumnya. 

Turunnya NTP ini ‎dikarenakan berbagai faktor. Diantaranya hasil komuditas perkebunan seperti sawit dan karet. Hal itu diungkapkan oleh Toto Abdul Fattah, Kabid Distribusi BPS Provinsi Jambi.

Kata Toto, tercatat  pada  Maret 2017 subsektor dan kelompok  tanman perkebunan rakyat  mengalami penurunan sebesar 1,81  atau dari 107,38 pada Februari 2017 menjadi 105,44 pada Maret 2017.

Katanya, jika harga komoditas sawit dan karet terus mengalami kenaikan, maka NTP  akan terus   diatas angka 100. Seperti sejak beberapa bulan belakangan, tepatnya akhir tahun lalu dimana NTP naik diatas 100   ini diakibatkan karena harga komoditas sawit dan karet yang terus mengalami kenaikan.

“Kalau sawit dan karet naik  maka otomatis NTP akan bergerak naik. Beberapa bulan belakangan NTP naik terus, sebab harga sawit dan karet bergerak naik. Bulan Maret harga sedikit turun,  ini berpengaruh dari NTP kita,” kata Toto belum lama ini.

Kata Toto, ketika harga perkebunan  membaik akan membawa dampak yang baik untuk kondisi NTP. Meskipun tanaman holtikultura  mengalami penurunan sekalipun tetap saja harga  komoditas perkebunan yang tinggi berpengaruh pada NTP.

Melihat ini semua, harga kedua komoditas utama di Jambi ini diharapkan terus mengalami perbaikan. Sehingga NTP  terus berada pada angka 100.

“Semoga ada perbaikan harga karet dan sawit.  Sehingga NTP bisa  diatas 100 dan kesejahteraan  petani tetap terjaga,” ungkapnya.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help