3.028 Karung Bawang Ilegal Membusuk

Dengan alasan busuk, 3.028 karung bawang merah ilegal dimusnahkan Subdit Gakkum Direktorat Polisi Perairan (Polair) Polda Jambi

3.028 Karung Bawang Ilegal Membusuk
tribun jambi

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rian Aidilfi Afriandi.

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Dengan alasan busuk, 3.028 karung bawang merah ilegal dimusnahkan Subdit Gakkum Direktorat Polisi Perairan (Polair) Polda Jambi, Rabu (22/3) lalu.

Pemusnahan itu disaksikan oleh Balai Karantina dan Kejaksaan Jambi.

Direktur Polisi Perairan Polda Jambi, Kombes Pol Yosi Amartha mengatakan, ribuan karung bawang itu dimusnahkan dengan cara ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Talang Gulo, Kecamatan Kotabaru.

"Seharusnya barang bukti kita hadirkan. Tapi, karena ini barang yang mudah busuk. Jadi harus langsung dimusnahkan secepatnya," ujarnya kepada wartawan saat gelar temu pers, di Mako Polair, Senin (27/3) siang.

Saat ini, pihaknya juga sudah menahan seorang tersangka, yakni Muhammad Yunus, Baran Timur Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau selaku nahkoda kapal motor (KM) Terang Bulan.

"Kita juga masih melakukan pendalaman dari kasus ini," ujarnya lagi.

Sebelumnya, ribuan karung bawang merah itu diamankan dari Kapal Motor (KM) Terang Bulan di wilayah perairan Sungai Pengabuan, Minggu (12/3).

Bawang itu merupakan hasil lelang. Dibawa dari wilayah Perairan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau dengan tujuan wilayah Perairan Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi.

Saat diperiksa, ternyata tak dilengkapi dengan surat dari Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan. Bahkan, nahkoda juga tak memiliki dokumen pelayaran atau pengangkutan dari Karantina setempat. (*)

Penulis: Rian Aidilfi Afriandi
Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help