TribunJambi/

Femallenials

GALERI FOTO: Lelaki Jadi Lebih Gagah Pakai Lacak

SEMANGAT melestarikan kebudayaan Jambi harus terus digalakan. Sebelumnya masyarakat Jambi tidak asing dengan tekuluk

GALERI FOTO: Lelaki Jadi Lebih Gagah Pakai Lacak
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - SEMANGAT melestarikan kebudayaan Jambi harus terus digalakkan. Sebelumnya masyarakat Jambi tidak asing dengan tekuluk atau kuluk Penutup kepala perempuan sebagai pelengkap busana tradisional.

Kini hiasan kepala pria berbahan Batik Jambi tengah booming. Ikat kepala khas pria Jambi atau yang dikenal dengan nama lacak itu tengah ramai digunakan dan jadi perbincangkan.

Adalah Gubernur Jambi Zumi Zola di berbagai kesempatan terus menggunakan Lacak sebagai satu diantara identitas pria Jambi. Dalam sejumlah wawancara televisi nasional, anak kesayangan Zulkifli Nurdin ini mengupayakan diri untuk menggunakan lacak.

21032017_ASTRI2
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Gayung bersambut. Pemuda Jambi juga mengikuti jejaknya. Tidak ada kesan malu mengenakan lacak. Sebaliknya menjadi tren tersendiri yang diikuti dari kalangan remaja hingga dewasa.

Sejumlah perkantoran pemerintah dan swasta bahkan mewajibkan penggunaan lacak dalam berbagai event atau kesempatan.

Astri Yonanda (27) memandang positif tren tersebut. Karyawan swasta di salah satu hotel di Jambi ini menilai tren tersebut sangat baik untuk perkembangan budaya dan rasa cinta terhadap kebudayaan yang ada di Jambi.

Pascaditutup paksa pada 24 Desember 2016 lalu, Novita Hotel kembali dibuka hari ini, Rabu (18/1/2017). Proses pembukaan dihadiri Gubernur Jambi, Zumi Zola, Walikota Jambi, Komandan Kodim batanghari, Kapolresta serta sejumlah pimpinan organisasi masyarakat.
Gubernur Jambi, Zumi Zola mengenakan lacak. (TRIBUNJAMBI/EKO PRASETYO)

"Harusnya kita bangga dengan ikat kepala yang unik dan memiliki arti tersendiri itu. Tren ini tentu melestarikan budaya daerah khususnya lacak," sebutnya.

Astri berharap penggunaan Lacak ini tidak hanya bersifat sementara tapi dapat menjadi bagian dari life style masyarakat jambi.

"Lelaki jambi akan terlihat lebih gagah dengan menggunakan lacak," pungkasnya.

21032017_ASTRI
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Sejahterakan Perajin Batik

Halaman
12
Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help