TribunJambi/

Tak Ditemukan Kaki Gajah di Sarolangun

Masyarakat Kabupaten Sarolangun patut bersyukur, sebab sejak 2012 hingga saat ini belum ditemukan kasus penyakit Filariasis

Tak Ditemukan Kaki Gajah di Sarolangun
Ilustrasi

TRIBUNJABI.COM, SAROLANGUN - Masyarakat Kabupaten Sarolangun patut bersyukur, sebab sejak 2012 hingga saat ini belum ditemukan kasus penyakit Filariasis atau kaki gajah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sarolangun, H Adnan melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Bambang Hermanto, kemarin.

“Sejak tahun 2012 belum ditemukan kasus Filariasis di Sarolangun. Pernah diambil sampel tahun 2013 dengan hasil negatif semua,” kata Bambang Hermanto.

Meski tak ditemukan adanya kasus Filariasis di Sarolangun. Namun tetap terus melakukan pemantauan di tengah masyarakat. Sebab untuk penetapan status bebas, pihaknya hanya berdasarkan hasil temuan selama ini.

“Artinya kita tidak begitu berani menyatakan bahwa benar-benar terbebas dari kasus tersebut. Hanya saja berdasarkan hasil yang ada saat ini, begitulah kondisinya,” ungkapnya.

Dijelaskannya, terhadap pelaksanaan program penanggulangan penyakit filariasis, sdah diatur oleh Kementerian Kesehatan, dan pihaknya tetap melaksanakan sesuai ketentuan yang diatur.

“Kemenkes menekankan untuk melaksanakan program tersebut harus ada kasus dan pelaksanaan programnya harus bersifat kontinyu atau berkesinambungan,” jelas Bambang.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help