Sejumlah Wilayah di Sarolangun Rawan Kebakaran Hutan

PADA 2017 diprediksi bakal terjadi kemarau panjang. Mengatasi kebakaran hutan, Pemkab Sarolangun telah membentuk

Sejumlah Wilayah di Sarolangun Rawan Kebakaran Hutan
edi januar/tribun jambi
Ilustrasi

TRIBUNJAMBI.COM - PADA 2017 diprediksi bakal terjadi kemarau panjang. Mengatasi kebakaran hutan, Pemkab Sarolangun telah membentuk posko siaga karhutla.

Hal itu diakui oleh Pj Bupati Sarolangun, Arief Munandar dikonfirmasi sejumlah wartawan usai acara Forum Konsultasi Publik akhir pekan kemarin.

Arief mengatakan, di Kabupaten Sarolangun terdapat beberapa wilayah rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan. Yakni wilayah Kecamatan Air Hitam, Pauh dan Mandiangin.

“Tapi wilayah lain Bathin VIII, Batangasai dan CNG juga rawan,” kata Pj Bupati.

Diungkapkannya, salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan adalah karena pembukaan lahan. Ada masyarakat melakukan pembukaan lahan dengan cara dibakar.

“Pembukaan lahan yang dilakukan masyarakat merupakan salah satu penyebab kebakaran hutan,” ujarnya.

Untuk itu dirinya mengimbau, agar warga berhati-hati terhadap kebakaran. Selain dari kebakaran rumah, kebakaran hutan juga rawan terjadi.

Dikatakan Arif, untuk mengantisipasi kebakaran hebat seperti dua tahun yang lalu. Pemkab Sarolangun kini telah membentuk Posko siaga Karhutla. Selain itu, pihak BPBD bersama TNI, Polri, Dinas Kehutanan, TRC BPBD, Manggala Agni dan Damkar juga selalu berkoordinasi.

“Kita sering turun kelokasi-lokasi rawan, menyosialisasikan membuka lahan tanpa membakar,” tandasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help