TribunJambi/

Sarolangun Kekurangan Armada Damkar

Luas wilayah Kabupaten Sarolangun, tidak sebanding dengan armada pemadam kebakaran (damkar) yang dimiliki.

Sarolangun Kekurangan Armada Damkar
TRIBUNJAMBI/HERUPITRA
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Luas wilayah Kabupaten Sarolangun, tidak sebanding dengan armada pemadam kebakaran (damkar) yang dimiliki. Saat ini Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sarolangun hanya memiliki lima unit mobil damkar.

“Jika disesuaikan dengan kebutuhan armada saat ini masih banyak kekurangan. Seharusnya di tiap kecamatan ada dua unit damkar yang tersedia,” kata Peltu Kadis Damkar Tamrin.

Tamrin menyebutkan, Kabupaten Sarolangun terdapat 10 kecamatan. Jika melihat dari kebutuhan ideal, maka akan butuh 20 unit damkar.

“Saat ini kita hanya memiliki lima unit armada damkar yang ditempatkan di tiga pos damkar. Yakni pos damkar Kecamatan Sarolangun pos Damkar Kecamatan Mandiangin satu unit dan pos Damkar Kecamatan Singkut satu unit,” sebutnya.

Ia menjelaskan, dalam penanganan kebakaran, setiap kecamatan harus memiliki wilayah menajemen kebakaran. Yakni minimal dua unit armada damkar yang harus standby.

Sebab katanya, secara standar pelayanan minimal. Setelah mendapat laporan terjadi kebakaran, 15 menit petugas sudah menyemprotkan air ke lokasi kebakaran terjadi.

Namun lanjutnya, jika dilihat berdasarkan pelayanan minimal, belum terpenuhi. Karena beberapa wilayah masih jauh jaraknya dari armada Damkar standby.

“Yang harus kita upayakan nanti, armada kita lengkapi dan juga pencegahan kebakaran, dengan membentuk satlatkar, balakar, dan juga relawan pemadam kebakaran,” jelasnya.

Diungkapkannya, selain masih kurangnya armada yang dimiliki, Dinas Damkar juga masih kekurangan petugas pemadana kebakaran.

Saat ini petugas damkar sebanyak 52 orang petugas. Jauh dari jumlah ideal untuk mengkaver 10 kecamatan yang ada di Sarolangun.

Idealnya lanjut Tamrin, petugas Damkar untuk 10 kecamatan jumlahnya lebih dari 200 orang.

“Jadi saat ini kita masih banyak kekurangan petugas Damkar,” pungkasnya.

Penulis: heru
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help