Home »

Bisnis

» Mikro

Ini Tips Mendapat Hibah Modal Usaha dari Perusahaan

Kisahnya yang muncul di Rubrik Sosok Harian Kompas pada 2010 lalu, ternyata membawa berkah buat Eko Susilo.

Ini Tips Mendapat Hibah Modal Usaha dari Perusahaan
TRIBUN JAMBI/HERI PRIHARTONO
20160615_abon patin UMKM 

TRIBUNJAMBI.COM - Kisahnya yang muncul di Rubrik Sosok Harian Kompas pada 2010 lalu, ternyata membawa berkah buat Eko Susilo. Pengusaha camilan kacang dan pemilik Rumah Wisata Kedelai Sehati ini mendapat tawaran bantuan modal cuma-cuma dari PT Perusahaan Listrik Nasional (PLN).

Tak mau membuang kesempatan, Eko pun langsung membuat proposal bantuan hibah modal usaha ke perusahaan setrum pelat merah itu. Ia mengajukan permohonan dana sebesar Rp 100 juta untuk membeli sejumlah mesin.

Dalam proposalnya, ia menyebutkan jenis-jenis mesin yang akan dibeli berikut harganya. Contoh, mesin untuk menjaga tepung agar terlindung dari bakteri.

Sebulan setelah proposal masuk, PLN menyetujui permohonan hibah modal usaha dari Eko. Tapi, badan usaha milik negara (BUMN) ini hanya mengucurkan Rp 89 juta. "Enggak ada syarat administrasi waktu saya mengajukan proposal. Syaratnya, saya mau tetap berbagi ilmu," ungkap Eko.

Ya, Eko memang sebelumnya kerap berbagi ilmu bagi siapa saja yang mau berbisnis camilan kacang. Dan, setelah Rumah Wisata Kedelai Sehati berdiri pada 2011 lalu di daerah Salatiga, Jawa Tengah, semakin banyak orang yang datang kepadanya untuk belajar.

Alhasil, PLN kembali memberikan bantuan untuk merenovasi tempat usaha milik Eko senilai Rp 22 juta. "Mereka enggak minta bagian apa-apa dari hasil penjualan saya. Cuma minta saya tetap berbagi ilmu dan nama PLN disertakan pada kemasan camilan," katanya.

Hardian Sakti, Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY, mengatakan, bantuan hibah modal usaha untuk Eko merupakan bagian dari Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) perusahaannya. "Kami berikan bantuan sampai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkembang," ujarnya.

Punya prospek

Dalam Program Bina Lingkungan, PLN bukan memberikan pinjaman modal usaha, tapi benar-benar hibah. Pelaku UMKM yang jadi mitra program ini bisa PLN yang memilih atau pengusaha kecil yang inisiatif mengajukan proposal.

Sebelum memberi kata setuju, PLN tentu akan mengecek satu per satu proposal dari pelaku UMKM yang masuk. "Kami lihat pemanfaatan dana hibahnya seperti apa. Keterlibatan masyarakat dalam UMKM itu seperti apa. Menguntungkan enggak," beber Hardian.

Halaman
123
Editor: awang
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help