Komunitas

GALERI FOTO: Komunitas Generasi Anti Hoax Jambi; Kritis Menerima Informasi

KABAR bohong atau berita hoax belakangan banyak beredar di sosial media. Kabar yang belum tentu

GALERI FOTO: Komunitas Generasi Anti Hoax Jambi; Kritis Menerima Informasi
ISTIMEWA

TRIBUNJAMBI.COM - KABAR bohong atau berita hoax belakangan banyak beredar di sosial media.

Kabar yang belum tentu kebenarannya ini parahnya dipercaya oleh sebagian netizen yang berselancar di dunia maya.
Akibat menyebarnya hoax banyak netizen yang terprovokasi dan tersulut emosinya. Reaksi yang ringan yaitu saling nyinyir atau perdebatan antar netizen, namun perdebatan seperti ini rawan berujung ujaran kebencian.

Parahnya akibat hoax bahkan mengakibatkan permusuhan yang mengakibatkan pecahnya persatuan dan kesatuan.

19032017_ANTI HOAX
 (ISTIMEWA)

Kebiasaan sejumlah netizen yang langsung menerima informasi tanpa melakukan klarifikasi membuat kabar hoax tersebut terus menyebar dan tidak jarang menjadi viral.

Menyadari kondisi yang memperihatinkan tersebut, sejumlah anak muda Jambi membentuk komunitas anti hoax bernama Generasi Anti Hoax. Diketuai Geni Waseso Segoro komunitas tersebut telah resmi berdiri pada lalu 18 Februari 2017.

Bagi komunitas anti hoax, Generasi Anti Hoax Jambi, menerima sebuah informasi atau kabar berita di media sosial haruslah lebih selektif. Perlu dilakukan pengecekan sebelum menyebarkannya.

19032017_ANTI HOAX
(ISTIMEWA)

Dibeberkan Geni, sedikitnya ada 120 orang yang bergabung dalam Generasi Anti Hoax Jambi. Mereka berasal dari Kota Jambi beberapa dari kabupaten.

"Maraknya penyebaran kabar bohong atau yang biasa disebut hoax di era sekarang ini, mendorong kami untuk membentuk sebuah gerakan anti hoax. Tujuannya untuk mengajak generasi muda agar lebih kritis menyikapi kabar atau informasi yang beredar di media sosial (Medsos)," katanya kepada Tribun, Rabu (9/3).

Disebutkan Geni, Generasi Anti Hoax ini mengusung pesan agar generasi muda di Jambi khususnya, tidak mudah tersesat dengan berita hoax yang saat ini penyebarannya sangat cepat.

19032017_ANTI HOAX
 (ISTIMEWA)
Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help