Anggap Fiskus Setan, Artis Takut Lapor Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyatakan tingkat kepatuhan para pekerja seni seperti artis,

Anggap Fiskus Setan, Artis Takut Lapor Pajak
KONTAN/CHEPPY A MUKHLIS

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan menyatakan tingkat kepatuhan para pekerja seni seperti artis, pemain film atau sinetron, musisi, pelukis, produser model, penulis, dan lainnya masih terbilang rendah.

Berdasarkan data yang dihimpun DJP, tingkat kepatuhan pelaporan surat pemberitahuan tahunan wajib pajak orang pribadi pekerja seni pada 2015 tercatat 49% (640 wajib pajak) melaporkan SPT dan 51% (667 wajib pajak) tidak melaporkan SPT.

Angka kepatuhan pelaporan SPT tahunan tersebut meningkat dari periode 2011 hingga 2014 yang rata-ratanya tercatat sebesar 36,75 %.

Raffi Ahmad, salah satu artis yang ikut dalam program amnesti pajak menyebut, sebelumnya dirinya merasa takut dengan petugas pajak. Bahkan, ia menyebut petugas pajak layaknya setan. Oleh karena itu dirinya enggan berurusan dengan fiskus.

“Begitu juga teman-teman saya, tentunya banyak yang juga berpikir sama jika menyangkut pajak,” kata dia dalam dialog perpajakan dengan selebriti di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat malam (17/3).

Sementara Direktur Jenderal Pajak, Ken Dwijugiasteadi dalam kesempatan yang sama mengatakan bahwa sesungguhnya pajak ini juga menupakan kesenian, lebih tepatnya seni merayu, “Gimana membayar pajak sambil senyum itu memang susah,” kata dia sambil tertawa.

Selanjutnya, Ken mengemukakan bahwa keseluruhan wajib pajak orang pribadi pekerja seni adalah 1.307, terdiri dari 958 pemain film/sinetron dan musisi serta 349 pekerja seni lainnya.

Ia juga mencatat, dari 958 wajib pajak yang berprofesi sebagai pemain film, pemain sinetron, dan musisi, yang belum mengikuti program pengampunan pajak masih besar, yaitu 75%.

Sementara dari 349 yang masuk dalam kategori pekerja seni lainnya, tercatat sebanyak 46% atau 160 wajib pajak belum mengikuti program pengampunan pajak.

Wajib pajak orang pribadi pekerja seni peserta pengampunan pajak per 13 Maret 2017 mencapai 399 wajib pajak dengan total nilai tebusan Rp 186 miliar atau rata-rata tebusan senilai Rp 468 juta.

Halaman
12
Tags
artis
Pajak
Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help