TribunJambi/

Suku Bunga

Sudah Enam Bulan Suku Bunga Acuan BI Anteng 4,75 Persen

Bank Indonesia (BI) dalam rapat dewan gubernur (RDG) yang digelar 15-16 Maret 2017 memutuskan untuk kembali mempertahankan

Sudah Enam Bulan Suku Bunga Acuan BI Anteng 4,75 Persen
ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dalam rapat dewan gubernur (RDG) yang digelar 15-16 Maret 2017 memutuskan untuk kembali mempertahankan BI 7 Day Reverse Repo Rate (RRR) di level 4,75%. BI juga mempertahankan suku bungadeposit facility di level 4% dan lending facility di level 5,5%.

Besaran suku bunga acuan ini sudah bertahan selama enam bulan berturut-turut. Terakhir kali, BI 7 Day Reverse Repo Rate mengalami perubahan pada 20 Oktober 2016, turun dari 5% menjadi 5,75%.

"Keputusan tersebut konsisten dengan upaya BI dalam menjaga kondisi makro ekonomi dan sistem keuangan di tengah meningkatnya ketidakpastian global," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Kamis (16/3).

Lebih lanjut menurutnya, pihaknya mencermati risiko baik yang datang dari global maupun domestik. Dari sisi global, risiko tersebut berupa inflasi global, arah kebijakan ekonomi perdagangan Amerika Serikat (AS), dampak kenaikan suku bunga The Fed, dan geopolitik di Eropa.

Sementara risiko yang datang dari domestik, yaitu terkait dampak penyesuaianadministered prices terhadap inflasi.

"Maka BI senantiasa mengoptimalkan bauran kebijakan moneter, makroprudensial dan sistem pembayaran. Kami koordinasi dengan pemerintah fokus jaga inflasi dan melanjutkan program reformasi struktural untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan," tambahnya.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help