Simpanan Pelajar Bisa jadi Dorong UMKM

Peningkatan jumlah rekening Simpanan Pelajar (SimPel) menurut Kepala OJK Provinsi Jambi Darwisman dapat meningkatkan penghimpunan dana masyarakat

Simpanan Pelajar Bisa jadi Dorong UMKM
IST
16032017 Simpanan Pelajar 

TRIBUNJAMBI.COM - Peningkatan jumlah rekening Simpanan Pelajar (SimPel) menurut Kepala OJK Provinsi Jambi Darwisman dapat meningkatkan penghimpunan dana masyarakat oleh perbankan.

Dana tersebut nantinya sangat bermanfaat untuk mendorong pembiayaan kepada UMKM yang ada di Provinsi Jambi.

Dia berharap ke depan perbankan bisa menyisir semua pelajar tidak sebatas di Kota Jambi. Sebab peluang besar untuk tabungan SimPel ini juga terdapat di Kabupaten yang ada di Provinsi Jambi.

“Misalnya sudah menjadikan hari Rabu sebagai hari menabung bagi pelajar, itu juga juga bentuk dorongan dari kami. Manfaatnya sangat banyak bagi anak-anak kita yang mau menabung sejak dini. Artinya kita mengajarkan bagaimana mengelola keuangan dengan bijak kepada mereka sejak dini,” jelasnya.

Kepala OJK Provinsi Jambi Darwisman belum lama ini mengatakan, dari jumlah realisasi ini 160 ribu rekening SimPel atau Simpanan Pelajar tercatat diperoleh dengan total nominal mencapai Rp 26 miliar.

Kata Darwisman, dari 160 ribu tabungan itu, masih banyak PR untuk perbankan yang menjalankan program ini, sebab di Provinsi Jambi terdapat 628 ribu pelajar, sementara baru terlealisasi 160 ribu tabungan atau pelajar.

"PR Perbankan masih banyak, nah tugas mereka bagaimana bisa menjangkau semua pelajar yang ada di provinsi Jambi,” kata Darwisman.

Dia menerangkan, angka realisasi rekening SimPel tersebut telah jauh di atas target yang ditetapkan. Tujuan dari program Simpanan Pelajar ini yaitu untuk menanamkan budaya menabung sejak dini.

SimPel ini bertujuan agar dapat mendidik anak untuk mengendalikan diri dalam bersikap konsumtif serta belajar untuk dapat membelanjakan uang yang dimilikinya secara bijak.

Penulis: muzakkir
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help