TribunJambi/

Benarkah, KB Suntik dan Spiral Bikin Gemuk?

KB spiral sendiri tidak mengandung hormon dan juga tidak mengganggu hormon yang bisa memicu bertambahnya berat badan.

Benarkah, KB Suntik dan Spiral Bikin Gemuk?
net/Tribun Jambi
Alat kontrasepsi.

TRIBUNJAMBI.COM - Seringkali perempuan yang sedang mencegah kehamilan ragu untuk menggunakan alat kontrasepsi seperti KB suntik dan KB spiral, karena diyakini akan membuat tubuh gemuk.

Namun faktanya, KB spiral tak mempengaruhi hormon dan memicu tubuh menjadi gemuk, seperti yang dijelaskan oleh Prof. Dr. dr. Andrijono, SpOG(K)., pada NOVA.id.

“Untuk KB spiral memang tidak akan memicu tubuh menjadi lebih gemuk, karena hanya merupakan tindakan lokal dan efeknya juga hanya lokal,” jelasnya.

KB spiral sendiri tidak mengandung hormon dan juga tidak mengganggu hormon yang bisa memicu bertambahnya berat badan.

Sedangkan, KB suntik memang bisa merangsang nafsu makan semakin bertambah. Namun, tergantung pada pasien juga, apakah dia bisa menahan nafsu makan tersebut atau tidak.

Nafsu makan yang meningkat setelah melakukan KB suntik merupakan hal yang wajar, karena memang merupakan efek samping KB tersebut.

“Pada KB suntik, yang disuntikkan adalah hormon progesteron, yang memiliki efek samping merangsang nafsu makan,” jelasnya.

Selain itu, hormon progesteron yang terkandung dalam alat kontrasepsi suntik menahan cairan di dalam tubuh lebih banyak, menipiskan dinding rahim sehingga haid lebih jarang atau tidak teratur, dan juga bisa menyebabkan perubahan mood.(Dionysia Mayang)

Editor: duanto
Sumber: Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help