Ini Kata Zola Terkait Pembentukan Pergub Karhutla

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menjadi satu-satunya daerah yang membuat kebijakan Peraturan Gubernur (Pergub)

Ini Kata Zola Terkait Pembentukan Pergub Karhutla
TRIBUNJAMBI/TOMMY KURNIAWAN
Pemerintah Provinsi Jambi bersama Badan Restorasi Gambut (BRG), BNPB dan Forkompinda pagi ini menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) bertempat di Swiss Bell Hotel, Senin (13/3/2017). 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Tommy Kurniawan

TRIBUNJAMBI.COM JAMBI - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menjadi satu-satunya daerah yang membuat kebijakan Peraturan Gubernur (Pergub) Jambi Nomor 31 Tahun 2016 tentang petunjuk teknis pelaksanaan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2016 tentang pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Gubernur Jambi, Zumi Zola, menyatakan adanya Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Gubernur (Pergub) Jambi tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi merupakan wujud komitmen dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi.

Zola menjelaskan, dihasilkannya Perda dan Pergub tersebut beranjak dari kondisi yang selama ini dihadapi oleh Provinsi Jambi, yakni seringnya terjadi kebakaran hutan dan lahan yang mengakibatkan kabut asap, yang sangat merugikan Provinsi Jambi, apalagi puncaknya pada tahun 2015, Provinsi Jambi mengalami kabut asap yang sangat pekat akibat kebakaran hutan dan lahan.

Zola menuturkan, pada tahun 2015, kurang lebih 13 ribu Ha yang terbakar dengan 1.654 hotspot, dan menimbulkan kerugian Rp12 triliun, hampir sekitar 3 tahun APBD Provinsi Jambi.

“Belum lagi termasuk kerugian yang lain seperti kesehatan, Infeksi Saluran Pernaasan Akut (ISPA), diliburkannya sekolah untuk beberapa waktu,” tutur Zola.

Zola berharap supaya peristiwa kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan tahun 2015 tidak terulang lagi. Menyikapi hal tersebut, lanjut Zola, Pemerintah dan DPRD Provinsi Jambi mengeluarkan Perda dan Pergub tentang pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan, yang melarang semua pihak untuk membuka lahan dengan cara membakar.

"Jadi Perda dan Pergub tersebut merupakan payung hukum untuk pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi," katanya.

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help