Wahh, Pemerintah Pusat Bakal Kucurkan Bantuan untuk Bertani

Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang menjanjikan bantuan program integritas jagung untuk Provinsi Jambi.

Wahh, Pemerintah Pusat Bakal Kucurkan Bantuan untuk Bertani
ANTARA FOTO/SYAIFUL ARIF
28082016_MENTAN_JAGUNG 

TRIBUNJAMBI.COM - Direktur Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, Bambang menjanjikan bantuan program integritas jagung untuk Provinsi Jambi.

Bentuk program itu yakni penanaman jagung di sela-sela tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, jambu mete, dan karet. Tapi sayang, ia tak menyebut jumlah nominal bantuan itu. Ia hanya menjanjikan bantuan tersebut dapat mengucur di 2017 ini.

Selain program tersebut, Bambang juga mendorong Jambi melakukan pengembangan agrowisata perkebunan. Maksudnya yakni, mensinergikan objek wisata dengan basis perkebunan, sehingga menjadi destinasi wisata baru.

Ia mengapresiasi Provinsi Jambi yang telah mempertahankan kelembagaan Dinas Perkebunan untuk berdiri sendiri. Saat ini dari 34 Provinsi di Indonesia hanya delapan Provinsi yang kelembagaan Dinas Perkebunan berdiri sendiri.

“Karena itu, kami minta Jambi mendukung program pusat untuk mensukseskan swasembada pangan melalui subsektor perkebunan. Salah satu caranya yakni memperkuat kelembagaan petani dan bekerjasama dengan TNI untuk meningkatkan subsektor perkebunan,” tuturnya, Sabtu (4/3).

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Fachrori Umar, meminta pengelolaan perkebunan di Provinsi Jambi terus ditingkatkan. Karena, Provinsi Jambi memiliki potensi perkebunan yang luar biasa dan menunjang perekonomian Provinsi Jambi.

Dikatakan Wagub, instansi terkait harus bersinergi, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Sehingga, memberikan manfaat yang lebih bagi masyarakat Provinsi Jambi, terutama bagi para petani.

“Jambi memiliki potensi perkebunan cukup besar. Bahkan, subsektor perkebunan ini menjadi andalan bagi perekonomian Provinsi Jambi, seperti karet, kelapa sawit, kulit manis, kopi, kelapa dalam, nanas dan pinang,” paparnya.

Karena itu, pengelolaanya harus ditingkatkan, baik cara dan teknik bercocok tanam hingga promosi dan pemasaran. Sehingga membawa manfaat ekonomi yang lebih besar.

“Perkebunan merupakan cerminan perekonomian Jambi. Kalau harga komoditi perkebunan turun, maka ekonomi Jambi ikut terpuruk. Ini bukti bahwa subsektor perkebunan mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap perekonomian Provinsi Jambi,” pungkasnya. (kur)

Penulis: Tommy Kurniawan
Editor: awang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved