Health and Beauty

Tak Harus Dicabut, Cari Tahu Penyebab Gangguan Gigi

GIGI goyang pada anak-anak adalah hal biasa. Karena ada pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa.

Tak Harus Dicabut, Cari Tahu Penyebab Gangguan Gigi
Net

TRIBUNJAMBI.COM - GIGI goyang pada anak-anak adalah hal biasa. Karena ada pergantian dari gigi susu ke gigi dewasa.

Pencabutan gigi menjadi satu diantara solusi untuk mengatasinya.

Namun pada orang dewasa, pencabutan gigi goyang tidaklah semudah yang terjadi pada anak-anak.

Pencabutan gigi butuh pertimbangan yang matang. Sebelum melakukan tindakan pada gigi goyang, harus dicari tahu dulu apa yang menjadi penyebab dari gigi goyang.

Gigi goyang bisa disebabkan oleh karang gigi, pemilihan dan penggunaan sikat gigi yang tidak tepat, kaitan dengan penyakit sistemik yang kemungkinan diidap pasien tanpa sepengetahuan pasien, fraktur (patah) pada gigi dan kemungkinan juga adanya karies atau gigi berlubang yang sangat besar.

"Gigi goyang ada yang karena gigi infeksi, penyakit gula, ada juga yang karena gigi sebelah tidak ada sehingga dia menjadi penerima beban kunyah yang paling banyak. Misalnya geraham tinggal satu, dipakai untuk mengunyah terus, lama kelamaan dia pasti goyang," kata Spesialis Ortodonti drg Bernard A Pasaribu SpOrt beberapa waktu lalu.

Meski demikian, ditegaskannya pencabutan tidak harus dilakukan selagi gigi yang goyang tersebut masih bisa dipertahankan. Tindakan yang dilakukan sesuai dengan penyebab gigi goyang itu.

"Tidak selalu harus dilakukan pencabutan. Ada kalanya dia masih bisa dipertahankan misalnya dengan mengikat giginya atau splinting. Maka sebelum melakukan perawatan lihat dulu apa penyebabnya. Dihentikan dulu penyebabnya," sebut drg Bernard.

"Kalau dia infeksi disembuhkan. Kalau dia gak ada teman, dibuatkan temannya. Kalau dia diabetes melitus (DM), gulanya disembuhin dulu. Dia berkaitan. Gak bisa langsung kalau goyang diapain. Tapi harus dicari dulu penyebabnya," pungkasnya.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help