TribunJambi/

Otomotif

GALERI FOTO: Bikin Kinclong dan Terlihat Basah

MOBIL mengkilat dan kinclong tentu akan membuat si empunya puas dan percaya diri saat mengendarainya.

GALERI FOTO: Bikin Kinclong dan Terlihat Basah
TRIBUN JAMBI/ALDINO

TRIBUNJAMBI.COM - MOBIL mengkilat dan kinclong tentu akan membuat si empunya puas dan percaya diri saat mengendarainya.

Laminating menjadi satu diantara solusi untuk mendapatkan mobil kinclong itu.

Namun, ternyata ada cara yang lebih murah untuk mendapatkan mobil yang kinclong selain laminating.

26022017_WAX
 (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Pemilik bengkel Fix A Car Didi mengatakan mobil yang kinclong juga bisa didapat dengan melakukan polish & wax.

"Tujuannya sama seperti laminating membuat mobil lebih kinclong dan kelihatan lebih basah (wet look)," katanya Jumat (17/2).

Dikatakan Didi, banyak orang yang bertanya padanya mengapa setelah pengecatan mobil perlu dilakukan polish atau kompon (compound)? Dijelaskannya, pada proses pengecatan tidak ada hasil yang sempurna. Kompon perlu dilakukan untuk menyempurnakannya.

26022017_WAX2
(TRIBUN JAMBI/ALDINO)

"Kenapa mesti dikompon padahal baru dicat? Yang dikompon itu lapisan clear. Clear ini yang bikin kilat mobil, kalau cat cuma warnanya aja. Nah kompon ini tujuannya mengikis clear sehingga hasilnya akan lebih bagus," kata Didi.

Wax sendiri tugasnya menyempurnakan hasil kompon karena terkadang kompon meninggalkan bekas seperti putih berawan-awan pada body mobil sehingga cat kelihatan jelek.

"Padahal bukan cat yang jelek. Itu karena sisa bahan baku kompon biasanya karena kompon yang murah-murah. Kalau kompon yang bagus ga meninggalkan bekas. Sisa bahan baku kompon itulah yang menghilangkannya menggunakan wax," tandasnya. 

27022017_WAX3
 (TRIBUN JAMBI/ALDINO)

Jangan Terlalu Sering
MEMBUAT mobil kinclong dengan polish & wax memang lebih murah daripada laminating. Hanya saja hasil dari polish & wax tidak selama laminating.

"Bedanya laminating bisa bertahan hingga 2 tahun. Sedangkan polish & wax hanya 2 minggu atau bisa mencapai 1,5 bulan dengan catatan mobil jarang terkena panas dan hujan setelah itu maka perlu diulangi ataupun di wax lagi," kata Didi.

Hanya saja, polish & wax tidak dianjurkan tiap bulan karena dapat mengikis clear. Apalagi jika dilakukan sembarang maka akan lebih cepat terkikisnya.

"Makanya aku gak nyaranin sering-sering. Kapan? Setahun sekali dengan catatan mobil terparkir diluar. Kalau mobil baru saya prediksi 5 tahun tidak akan pudar meskipun kena panas hujan panas hujan. Dengan catatan gak pernah kompon," sebutnya.

Penulis: rida
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help