Petani Sarolangun Bersiap Hadapi Musim Kemarau

Kendati perkiraan cuaca dari badan meteriologi (BMG) memperkirankan cuaca khususnya di Provinsi Jambi kini tengah musim kemarau

Petani Sarolangun Bersiap Hadapi Musim Kemarau
TRIBUNJAMBI/MUZAKKIR
Petani sedang memanen pad yang ada di sawah-sawah di daerah Seberang Kota Jambi, Selasa (15/11) 

TRIBUNJAMBI.COM - Kendati perkiraan cuaca dari badan meteriologi (BMG) memperkirankan cuaca khususnya di Provinsi Jambi kini tengah musim kemarau.

Namun berbeda di lapangan, saat ini di Kabupaten Sarolangun sedang dihadapi musim hujan.

Terkait dengan cuaca, Kepala Dinas Pertanian dan Penyuluhan Kabupaten Sarolangun, Joko Susilo mengatakan, saat ini Kabupaten Sarolangun pada umumnya belum memasuki musim tanam.

“Petani kita di Sarolangun saat ini tengah musim panen,” kata Joko, Rabu (1/2).

Seperti di daerah Kecamatan Air Hitam dan Pelawan sebutnya, para petani di dua wilayah ini sedang menyiapkan panen perdana. Bahkan berencana akan mengundang Gubernur Jambi untuk ikut panen perdananya.

“Air Hitam, Pelawan, Sarolangun dan di Kecamatan lain umumnya musim panen semua,” akunya.

Untuk musim tanam Joko akui, diperkirakan mulai Maret nanti. Dan terkait cuaca petani Sarolangun selalu siap, walaupun musim tanam di musim kemarau.

"Kita selalu siap dan harus siap walau musim kemarau saat musim tanam. Tapi lebih optimal kalau musim tanam tepat pada musim hujan. Mudahan perkiraan kita sampai musim tanam bulan Maret cuaca masih hujan,” harap Joko.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sarolangun, Mulyadi dikonfirmasi soal perkiraan cuaca saat ini menyebutkan, berdasarkan pantauan setelit perkiraan cuaca baik dari pusat saat ini masuk musim kemarau.

"Kalau perkiraan cuaca musim kemarau. Makanya pemerintah pusat memperingati waspada Korhutla. Tapi kalau di Sarolangun saat ini masih turun hujan,” tambah Mulyadi.

Penulis: heru
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved