Pall 1 Muara Bulian Terendam Air, ini Penyebabnya

Hujan yang mengguyur Kecamatan Muara Bulian pada Rabu (1/2), mengakibatkan genangan air di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Rengas Condong

Pall 1 Muara Bulian Terendam Air, ini Penyebabnya
TRIBUNJAMBI/SUCI RAHAYU
Genangan air di kawasan Jenderal Sudirman, Kelurahan Rengas Condong, Muara Bulian, Rabu (1/2) 

TRIBUNJAMBI.COM - Hujan yang mengguyur Kecamatan Muara Bulian pada Rabu (1/2), mengakibatkan genangan air di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Kelurahan Rengas Condong, tepatnya di Pall 1 Muara Bulian.

Kondisi ini ditengarai karena tidak berfungsinya drainase yang ada. Seperti yang dikatakan Firdana, warga setempat.

"Padahal hujan tidak terlalu lebat, namun jalan Sudirman, tepatnya di Pall 1 depan PN Muara Bulian air sudah banyak tergenang. Selain disini, di jalan belakang Pasar Sayur Kramat Tinggi juga tergenang, dan permasalahannya adalah drainase yang tidak berfungsi dengan baik," katanya.

Kondisi drainase, lanjutnya selain menumpuk sampah juga terjadi pendangkalan sehingga diperlukan pengerukan. "Jika tidak diperbaiki atau di keruk, setiap turun hujan pasti menggenang dan jika durasi hujan lama, bisa dipastikan banjir," lanjutnya.

Terpisah, M. Alpandi, anggota DPRD Batanghari berharap drainase segera diperbaiki, sehingga bisa menampung debit air. "Mungkin drainase yang ada saat ini terlalu kecil, sehingga tidak makpu menampung debit air yang masuk," katanya.

Diperlukan penataan ulang, lanjutnya tidak hanya di Kecamatan Muara Bulian namun juga wilayah lainnya. "Batanghari terletak di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Batanghari, jika drainase tidak ditata dengan baik, maka fatal akibatnya," ujarnya.

Untuk diketahui, 7 dari 8 kecamatan yang ada di Batanghari merupakan daerah rawan banjir dan 80 an dari 124 desa/kelurahan merupakan daerah langganan banjir setiap tahunnya

Penulis: suci
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved