TribunJambi/

Setelah 5,5 SR, Waspadai  Gempa Susulan

JAMBI - Pusat Informasi Bencana Sumbar memberikan penjelasan mengejutkan terkait gempa 5,5 SR pada Senin (9/1) lalu.

Setelah 5,5 SR, Waspadai  Gempa Susulan
ilustrasi/net

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pusat Informasi Bencana Sumbar memberikan penjelasan mengejutkan terkait gempa 5,5 SR pada Senin (9/1) lalu.

Meski terjadi di Sumbar, getaran gempa sangat terasa di Jambi wilayah barat, yaitu di Kabupaten Kerinci, Sungaipenuh, Bungo, Merangin.

Melalui akun facebook Pusat Informasi Bencana Sumbar gempa tersebut mengindikasikan bahwa zona subduksi di Kepulauan Mentawai, masih berpotensi untuk melepaskan energi gempa dengan magnitude yang lebih besar.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Geologi Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sumbar, Nuzuwir kepada awak media di daerah setempat.
Menurutnya, di wilayah Sumatera Barat terdapat dua zona yang merupakan hiposentrum atau episentrum gempa bumi.

Satu di antaranya berpusat di daratan yang berasosiasi dengan patahan besar sumatera, yaitu segmen Sumpu di Pasaman, segmen Sianok di Bukittinggi,  segmen Sumani di Singkarak dan segmen Suliti di Solok Selatan.

“Gempa-gempa kecil sangat sering terjadi pada Patahan Semangka akhir-akhir ini, dan karena tekanan dari Lempeng Samudera Hindia-Australia sangat aktif menekan pulau Sumatera, maka potensi untuk lepas gempa bumi merusak di daratan dalam waktu dekat ini masih berpeluang cukup besar,” ungkapnya.

Menurutnya, demikian juga dengan potensi gempa bumi yang bersumber di Zona Subduksi di Kepulauan Mentawai.
“Dengan terjadinya gempa bumi senja tadi 5,5 SR di wilayah Pesisir Selatan, mengindikasikan bahwa zona subduksi di Kepulauan Mentawai masih berpotensi untuk melepaskan energi gempa dengan magnitude yang lebih besar.  Jadi kewaspadaan warga Sumbar harus tetap terjaga dan ditingkatkan,  jangan panik dan jangan terpancing isu-isu yang sumbernya tidak bisa dipertanggungjawabkan,” jelasnya. (*)

Penulis: esotribun
Editor: esotribun
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help