Kata Dirjen Pajak Soal Realisasi Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan bahwa penerimaan perpajakan

Kata Dirjen Pajak Soal Realisasi Penerimaan Pajak
Pramdia Arhando Julianto/Kompas.com
Dirjen Pajak, Ken Dwijugiasteadi saat acara buka puasa bersama media di Direktorat Jenderal Pajak di Jakarta, Kamis (30/6/2016). 

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan bahwa penerimaan perpajakan tahun ini sejatinya mencapai 97% dibandingkan dengan target yang telah direvisi Menteri Keuangan Sri Mulyani.

“Selain penerimaan, kalau kita dihadapkan pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 8, maka capaian kita adalah 97%,” kata Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadidi Kantor Pusat DJP, Sabtu (31/12).

Perlu diingat, Sri Mulyani merevisi target penerimaan pajak 2016 dari yang sebelumnya Rp 1.539 triliun menjadi Rp 1.320 triliun. Dengan kata lain, akan ada kekurangan perpajakan (shortfall) sebesar Rp 219 triliun.

Ken mencatat, penerimaan pajak tahun ini hanya mencapai 83,26% dari pagu Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016 sebesar Rp 1.539 triliun. Angka ini meleset dari perkiraan awal pemerintah sebesar 85,7%.

Oleh karena itu, menurutnya, kinerja pajak cukup bagus karena dalam aturan perundangan, defisit antara pemerintah pusat dan daerah tidak boleh lebih dari 3%.

“Dengan kinerja yang baik ini kami bisa menyelamatkan APBN yang kurang dari 3% yaitu 2,64% dari PDB Produk Domestik Bruto,” ujarnya.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help