Pergerakan Rupiah

Jelang Siang, Posisi Rupiah menguat 0,2%

Nilai tukar rupiah menguat pada transaksi perdagangan pagi ini (30/12). Mengutip data Bloomberg, pada pukul

Jelang Siang, Posisi Rupiah menguat 0,2%
KONTAN/FRANSISKUS SIMBOLON

TRIBUNJAMBI.COM, JAKARTA - Nilai tukar rupiah menguat pada transaksi perdagangan pagi ini (30/12). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 10.49 WIB, nilai tukar rupiah di pasar spot berada di level 13.440 per dollar AS.

Dengan demikian, rupiah menguat 0,2% dibanding level penutupan kemarin di 13.471 per dollar AS.

Penguatan juga terjadi pada nilai tukar rupiah berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR). Pagi ini, kurs JISDOR rupiah berada di posisi 13.436 dari level kemarin di 13.473 per dollar AS.

Analis SoeGee Futures Nizar Hilmy menambahkan, rupiah sebenarnya cenderung bergerak stabil. Bahkan, sepanjang bulan Desember, rupiahmenguat 0,6%. Laju rupiah bulan ini pun lebih baik ketimbang bulan November, yang ambruk hingga 3,8%.

"Setelah kenaikan suku bunga The Fed di pertengahan Desember, ada sedikit penguatan pada rupiah," jelas dia.

Penopang pergerakan rupiah ke depan berasal dari penerimaan dana amnesti pajak. Selama periode pertama dan kedua, amnesti pajak berhasil menghimpun pemasukan hingga Rp 105 triliun. Meski di bawah target Rp 150 triliun, pencapaian ini cukup membantu rupiah.

"Cadangan devisa dalam negeri juga masih cukup untuk membantu ketersediaan likuiditas," imbuh Nizar.

Tambah lagi, Fitch Ratings menaikkan outlook peringkat utang Indonesia. Untuk pergerakan hari ini (30/12), Nizar memprediksi rupiah tetap stabil dan bergerak di kisaran Rp 13.450-Rp 13.500 per dollar AS.

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help