Gubernur Jateng Kembalikan Insentif Rp 600 Juta ke Negara

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengembalikan uang insentif selama setahun sekitar Rp 600 juta kepada negara.

Gubernur Jateng Kembalikan Insentif Rp 600 Juta ke Negara
KOMPAS.com/NAZAR NURDIN
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

TRIBUNJAMBI.CO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengembalikan uang insentif selama setahun sekitar Rp 600 juta kepada negara.

Keputusannya mengembalikan insentif didasarkan karena Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah Hendri Santosa mengundurkan diri karena kinerjanya tak tercapai.

"Pak Hendri menurut saya gentle, enggak capai target maka mundur. Saya apresiasi, saya memberikan kehormatan yang tinggi dan dia masih ingin di Jateng maka saya hormati. Itu contoh yang sangat baik," kata Ganjar usai melantik pejabat eselon II di Gradhika, Jumat (30/12/2016).

Hendri telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Kepala DPPAD sejak seminggu lalu. Menurut Ganjar, itu sebagai bentuk tanggungjawab seorang pimpinan atas kinerjanya.

"Sebagai Gubernur saya tanggungjawab, selama setahun insentif saya sekitar Rp 600 jutaan saya kembalikan ke negara. Ini sebagai bentuk tanggungjawab moral saya karena pendapatan enggak tercapai, dan itu merespon dari seorang kepala dinas saya yang bertanggungjwab secara jabatan," tegas dia.

Hendri ditempatkan sebagai salah satu tim penugasan khusus bidang akuntabilitas pelayanan publik. Tim ini akan memberikan analisis kebijakan kepada Ganjar.

Selain pengunduran diri Kepala DPPAD, jelang pelantikan pejabat eselon II sebagai Kepala SKPD, terdapat pejabat eselon II yang mengajukan pengunduran diri dengan alasan pensiun dini. Pengunduran diri ini diajukan sebelum proses seleksi jabatan.

"Yang minta pensiun Bu Gayatri (sebelumnya Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jateng)," Ganjar menambahkan.

Sedangkan untuk pejabat Eselon II lainnya, Ganjar mengapresiasi karena telah bersedia mengikuti proses seleksi terbuka yang ketat. Sebagian besar hasilnya cukup fit.

Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved