TribunJambi/

Ekspedisi 5 Danau di Kerinci jadi Favorit Turis Asing

Momen libur tahun baru sejumlah objek wisata di Kabupaten Kerinci ramai dikunjungi wisatawan

Ekspedisi 5 Danau di Kerinci jadi Favorit Turis Asing
Ist/Komunitas Bumi Merangin

TRIBUNJAMBI.COM - Momen libur tahun baru sejumlah objek wisata di Kabupaten Kerinci ramai dikunjungi wisatawan. Di antaranya objek wisata di Kayu Aro, Lempur, lokasi air terjun, dan Danau Kerinci.

Petugas TNKS di Danau Gunung Tujuh, Evaraizal Mirza mengatakan pada liburan tahun baru mendatang pengunjung objek wisata tersebut diprediksi meningkat.

Ia mengatakan seperti pada tahun sebelumnya kunjungan mencapai 2.000 wisatawan lokal maupun turis asing. Sedangkan tahun ini diprediksi sekitar 1.500 pengunjung.

"Pendakian mulai ramai sehari atau dua hari sebelum tahun baru,karena kebanyakan anak muda camping satu sampai dua malam. Kita prediksi sampai akhir tahun nanti lebih 1.500 pengunjung," katanya

Untuk tiket masuk ke danau tertinggi di Asia Tenggara itu, ia menyebutkan sebesar Rp5 ribu perorang. Pihak TNKS juga melakukan bimbingan dan penjelasan ke pengunjung saat ke objek wisata. Pengunjung juga diimbau tak membuang sampah sembarangan di sepanjang rute perjalanan hinga disekitar danau.

17122015_danau gunung tujuh

Selain itu, pendakian ke Gubung Kerinci juga mulai banyak pendaki. Meskipun pendaki telah dilarang untuk ke puncak, Jelang pergantian tahun, TNKS memprediksi pengunjung akan meningkat."TNKS hanya merekomendasikan sampai shelter III, tak boleh ke puncak," katanya

Di Lempur, kecamatan Gunung Raya, sejak 1 Desember 2016 sekitar 500 wisatawan lokal yang berkunjung di Lima Danau di Lempur, Kecamatan Gunung Raya, Kabupaten Kerinci.

Ketua Pengurus Lembaga Desa Wisata Lekuk 50 Tumbi Lempur mengatakan melonjaknya pengunjung Lima Danau di desa Lempur karena saat ini memasuki libur akhir tahun. "Memang terjadi ledakan pengunjung sejak momentum liburan pasca libur sekolah dan akhir tahun, yang mencapai ratusan orang," katanya

Dzacky salah satu pemandu wisatawan Lima Danau di Lempur pasca dibukanya Danau Kaco pada 1/12 sampai dengan 26/12 sudah lebih 500 wisatawan yang datang.

DANAU KERINCI
Danau Kerinci

"Iya memang sudah ratusan wisatawan yang datang, dimana setiap minggunya ada 100 lebih wisatawan yang mengunjungi danau disini," ujarnya.

Zacky yang juga sebagai tour operator Explore Kerinci mengatakan pada Desember ini dirinya telah mendapat booking dari tamu mancanegara.

Dari Belanda dengan tujuan Gunung Kerinci dan expedisi 5 Danau. Dari France ke expedisi 5 danau dan Tour Desa Wisata Lempur. Dan Singapura denga rute tour keliling Kerinci 4 hari 3 malam.

"Beberapa tahun terakhir ini di kerinci paling banyak dikunjungi adalah Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Danau Kaco dan Expedisi 5 Danau di Lempur," ungkapnya.

Penulis: hendri dede
Editor: bandot
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help