TribunJambi/

Harga Minyak Dunia

Harga Minyak Panas Jelang Pertemuan Non-OPEC

Harga minyak dunia melanjutkan penguatan, dengan harapan negara-negara penghasil minyak

Harga Minyak Panas Jelang Pertemuan Non-OPEC
ANTARA FOTO/ZABUR KARURU

TRIBUNJAMBI.COM, NEW YORK - Harga minyak dunia melanjutkan penguatan, dengan harapan negara-negara penghasil minyak yang berembug pekan ini sepakat untuk memangkas produksi. 

Pada perdagangan Jumat (9/12), harga West Texas Intermediate (WTI) di pasar Nymex untuk kontrak Januari 2017, naik 1,3% menjadi US$ 51.50 per barel, dari posisi sebelumnya US$ 50,84 per barel.

Sedangkan harga Brent naik 44 sen atau 0,82% menjadi US$ 54,33 per barel.

Pada Sabtu ini, negara-negara eksportir migas non-OPEC akan bertemu dan dihadiri juga oleh petinggi Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC). Menteri Energi Arab Saudi KHalid Al-Falih mengatakan, optimis pertemuan 10-11 Desember ini akan memberi hasil yang penting. 

Sumber OPEC menyebutkan, sudah ada sembilan negara non-OPEC yang hadir yaitu Azerbaijan, Kazakhstan, Oman, Meksiko, Rusia, Sudan, South Sudan, Bahrain dan Malaysia. 

OPEC pekan lalu berencana memangkas produksi 600.000 barel per hari, dan ditambah menjadi 1,2 juta barel per hari pada akhir semester pertama 2017. 

Sementara di luar OPEC, baru Rusia yang sebelumnya mengatakan mungkin akan memangkas produksi 300.000 barel per hari. Seorang sumber Reuters mengatakan, Meksiko berencana memangkas 150.000 barel per hari. 

Arab Saudi dikabarkan tetap mempertahankan penjualan ke Asia, namun akan memangkas pasokan ke pembeli Amerika Serikat dan Eropa. 

Editor: fifi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help