Ribuan Umat Islam Pamekasan Berangkat ke Jakarta

Ribuan umat Islam asal Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Rabu berangkat

Ribuan Umat Islam Pamekasan Berangkat ke Jakarta
dok.Wartakota
Massa pejalan kaki dari Ciamis menuju Jakarta. 

TRIBUNJAMBI.COM, PAMEKASAN - Ribuan umat Islam asal Kabupaten Pamekasan di Pulau Madura, Provinsi Jawa Timur, Rabu berangkat ke Jakarta untuk mengikuti doa bersama yang akan digelar Jumat, 2 Desember (0212) 2016.

Massa yang mengatasnamakan diri Gerakan Umat Islam Pamekasan (GIUP) berangkat ke Jakarta dengan mengendarai 30 bus, terdiri dari 15 bus besar dan 15 armada bus kecil.

"Keberangkatan kami ke Jakarta ini, didukung dana yang selama ini kami galang dari sumbangan masyarakat," kata juru bicara GIUP dari Laskar Pembela Islam (LPI) Pamekasan Abdul Halim.

Pemberangkatan rombongan di dua titik, yakni dari Kecamatan Batumarmar untuk masyarakat yang berasal dari daerah pantai utara Pamekasan, dan di area Monumen Arek Lancor.

Jumlah armada bus dari pantura Pamekasan sebanyak 7 unit bus besar dan 12 bus kecil, sedangkan dari Monumen Arek Lancor sebanyak 8 unit bus besar dan 3 bus kecil.

Sebelum menuju Jakarta, massa terlebih dahulu mengikuti Apel Nusantara di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan yang digelar oleh Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan.

Selanjutnya mereka berkumpul di Masjid Agung As-Syuhada Pamekasanmengikuti pengarahan yang disampaikan oleh Pengurus GIUP.

Dalam pengarahan itu, para pengurus meminta agar mereka tertib dan tidak berbuat anarkis, karena aksi ke Jakarta itu untuk doa keselamatan bangsa dengan harapan ke depan Indonesia akan lebih baik.

"Jangan sesekali memisahkan diri dari rombongan, karena jumlah umat Islam yang akan berkumpul di sana nanti diperkirakan mencapai juta orang se-Indonesia," kata pengurus GUIP lainnya Chairul Umam.

Saat hendak berangkat, sempat terjadi ketegangan, karena bus dari PerumDamri yang dipesan sebelumnya tidak mau berangkat.

Massa nyaris ngeluruk kantor Perum Damri, tapi berhasil dikomunikasikan oleh Polres Pamekasan, sehingga perusahaan bus itu bersedia berangkat ke Jakarta.

Ikuti kami di
Editor: fifi
Sumber: Antara
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help